Home Bisnis Elnusa Siapkan Belanja Modal Rp 526 Miliar Tahun 2024, untuk Realisasi Apa...

Elnusa Siapkan Belanja Modal Rp 526 Miliar Tahun 2024, untuk Realisasi Apa Saja?

77
0
PT Elnusa Tbk atau Elnusa (ELSA) anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina.

PT Elnusa Tbk (ELNUSA), anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) menyiapkan dana belanja modal (capex) sebesar Rp 526 miliar pada tahun ini. 

Elnusa yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina, mencatatkan realisasi belanja modal sebesar Rp 495 miliar dari total Rp 500 miliar, pada tahun 2023.

Realisasi tersebut dimanfaatkan untuk berbagai investasi yang mendukung optimalisasi produksi juga keberlangsungan bisnis.

Sebanyak 53 persen dialokasikan ke jasa hulu, 31 persen ke jasa distribusi dan logistik energi, 9 persen untuk penunjang hulu dan sisanya untuk pengembangan bisnis.

“Melalui belanja modal yang disiapkan ini Elnusa berkomitmen untuk siap berinvestasi melakukan pengembangan bisnis yang berkelanjutan dalam mendukung pertumbuhan perusahaan ke depan,” kata Arief melalui keterangan pers, Minggu (3/3/2024).

Arief merinci, penyerapan belanja modal dari jasa hulu akan dialokasikan untuk penambahan kapasitas berbagai peralatan pendukung kegiatan eksplorasi juga produksi migas.

Kemudian, dari jasa distribusi dan logistik energi, Perseroan akan melakukan perluasan bisnis non-BBM, melakukan optimalisasi pasar pada chemical di hulu migas serta memperluas pasar chemical hilir serta mengembangkan inovasi blending B35 untuk meningkatkan profitabilitas.

Sementara itu, pada segmen mid-stream, juga new renewable energy dan penunjang, Perseroan akan menyerap belanja modal dengan melakukan investasi pembelian mobil tangki BBM serta transportasi laut untuk LNG maupun LPG.

Seterusnya, melanjutkan penjajakan pada ekosistem transisi energy melalui battery asset management system serta fabrikasi peralatan penunjang migas dan pengembangan IoT.

“Kami juga senantiasa berupaya untuk memberikan nilai positif bagi pemegang saham juga klien, kami menatap optimis di tahun 2024 ini akan kembali mencacatkan kinerja positif dengan mengakselerasi pertumbuhan bisnis yang kompetitif, menguntungkan serta bertanggung jawab ke depan sebagai perusahaan jasa energi yang memberikan Solusi total,” tutup Arief.

Sebagai informasi, Elnusa mencetak kinerja gemilang sepanjang 2023. Salah satunya, rekor baru pertumbuhan laba bersih tertinggi sepanjang perusahaan jasa energi terintegrasi ini berdiri.

Berdasarkan laporan kinerja keuangan terkonsolidasi Elnusa tahun 2023 (audited), capaian laba bersih yang dibukukan sebesar Rp 503 miliar, tumbuh 33 persen Year on Year (YoY). Kemudian, Perseroan membukukan pendapatan usaha tahun buku 2023 sebesar Rp 12,5 triliun, tumbuh 2 persen Year on Year (YoY) dari tahun 2022.

Direktur Keuangan Elnusa Stanley Iriawan mengatakan, pertumbuhan laba bersih perusahaan pada 2023 merupakan rekor tertinggi.

Laba bersih Elnusa tahun 2023 dikontribusikan melalui segmen jasa distribusi dan logistik energi sebesar 64 persen, jasa hulu migas terintegrasi 15 persen dan jasa penunjang migas 21 persen.

“Salah satu pendorong kenaikan laba bersih Elnusa adalah peningkatan di sejumlah proyek pekerjaan pada segmen jasa distribusi dan logistik energi,” papar Stanley, melalui keterangan pers, Kamis (29/2/2024).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here