Home Olah Raga Tumbangkan Vietnam 3-0, Kutukan 20 Tahun di My Dinh Terpecahkan

Tumbangkan Vietnam 3-0, Kutukan 20 Tahun di My Dinh Terpecahkan

21
0
Timnas Indonesia kalahkan Vietnam 3-0 di Stadion My Dinh, Hanoi. (Foto: PSSI)

Timnas Indonesia berhasil menumbangkan tuan rumah Vietnam di laga kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Mt Dinh, Hanoi, (26/3/2024).

Kemenangan ini seklaigus mematahkan kutukan timnas Indonesia tidak pernah menang jika bermain di Stadion My Dinh selama 20 tahun akhirnya pecah.

Dalam laga di stadion kebanggaan Vietnam itu skuad Garuda mampu menggulung tuan rumah 3-0 dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F Zona Asia.

Bermain di Stadion My Dinh memang bukan hal mudah bagi Indonesia. Kali terakhir Indonesia menang di sana pada 11 Desember 2004 pada ajang Piala Tiger yang kemudian berubah menjadi Piala AFF.

Kala itu, Indonesia menang 3-0 berkat gol-gol dari Mauly Lessy, Boaz Solossa, dan Ilham Jayakesuma. Setelah itu, mereka 2 kali kalah dan 4 kali imbang.

Dalam laga itu, tiga gol skuad besutan Shin Tae-yong ini dilesakkan melalui sundulan Jay Idzes pada menit kesembilan. Disusul solo run cantik Ragnar Oratmangoen menit 24’ dan tendangan Ramadhan Sananta 90+8’.

Dengan tambahan tiga poin, Indonesia kini mengemas 7 poin dan berada di posisi kedua hasil dua kali menang, sekali seri dan sekali kalah.

Posisi pertama ditempati Irak yang membantai Filipina 5-0 di Manila. Irak mengoleksi 12 poin. Sedangkan Filipina dengan 1 poin berada di posisi buncit.

Indonesia tinggal memainkan dua laga melawan Irak dan Filipina pada tanggal 6 dan 11 Juni mendatang. Dua laga itu semua akan dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Posisi satu dan kedua akan masuk ke putaran ketiga yang rencananya akan digelar September mendatang. Indonesia tinggal membutuhkan satu kemenangan lagi untuk mengunci lolos ke putaran ketiga sekaligus lolos ke Piala Asia 2027 mendatang.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan bahwa dirinya puas dan bangga dengan kemenangan anak asuhnya atas Vietnam.

Shin Tae-yong mengatakan, performa Vietnam yang tidak baik pada kali ini tidak lepas dari beban yang mereka tanggung usai kekalahan di Jakarta. Dan itu direspons anak asuhnya dengan bermain tenang.

“Tim hari ini lebih rileks saat bertanding, dan mungkin Vietnam juga karena kalah di Jakarta, sehingga pertandingan ini jadi sulit bagi mereka,” tambahnya.

Shin Tae-yong sejak pertandingan di SUGBK seusai sudah berjanji akan membawa anak asuhnya mematahkan catatan minor ketika bertandang ke Vietnam. Itu yang terus dia ulang beberapa hari berikutnya sampai jelang laga di Stadion My Dinh, Hanoi.

Sementara itu, penampilan apik Thom Haye ini pun mendapat pujian dari Shin Tae-yong. Juru racik strategi asal Korea Selatan tersebut menilai Thom Haye berhasil menjalankan tugasnya dengan sangat baik.

Selain Thom Haye, pada laga kontra Vietnam semalam, Shin Tae-yong juga memberikan debut untuk Ragnar Oratmangoen. Kepercayaan dari Shin itu pun dijawab dengan baik oleh Ragnar.

Dua pertandingan selanjutnya terakhir grup F, Indonesia akan menjamu Irak serta Filipina pada tanggal 6 dan 11 Juni mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here