Home Profil Filianingsih Hendarta Wanita yang Lama Berkarir dan Baru Terpilih Jadi Deputi Gubernur...

Filianingsih Hendarta Wanita yang Lama Berkarir dan Baru Terpilih Jadi Deputi Gubernur BI

31
0

DPR merestui Filianingsih Hendarta menjadi deputi gubernur Bank Indonesia (BI) baru. Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI itu akan menggantikan posisi Dody Budi Waluyo yang habis masa jabatan pada April 2023.

Filianingsih Hendarta dipilih oleh Komisi XI DPR RI menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI). Begini profilnya.

Wanita yang akrab disapa Fili ini lahir di Surabaya pada 1963. Menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Hukum Universitas Airlangga pada 1985.

Filianingsih kemudian mendapatkan gelar Master di bidang Economics & Finance dari Boston University, USA pada tahun 1992.

Dia mengawali karier di Bank Indonesia pada tahun 1986. Filianingsih saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran sejak tahun 2019.

Fili adalah pejabat senior di BI. Ia mengawali karier di BI pada 1986. Fili diketahui merintis karir sebagai staf Departemen Internasional BI pada tahun tersebut. Hingga kemudian, pindah ke Kantor Perwakilan Surabaya.

Dalam perjalanan karirnya di Bank Indonesia (BI), Filianingsih pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Moneter (2013-2015), Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial (2015-2019).

Fili saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran sejak tahun 2019.

Publik dan stakeholder BI mengenal beliau sebagai sosok yang aktif dalam memperkuat sistem pembayaran. Dirinya bahkan diketahui sukses mengawal Blueprint Sistem Pembayaran 2025.

Selain itu, Fili memimpin Proyek Garuda Digital Rupiah untuk untuk menjaga kedaulatan Rupiah di era digital termasuk penyusunan whitepaper.

Dalam menjalankan tugasnya, dia juga mendorong proyek implementasi digitalisasi jalan tol, digitalisasi bansos nontunai dan digitalisasi transportasi bersama dengan kementerian/lembaga terkait.

Visi yang diusung Filianingsih adalah Terwujudnya Perekonomian Nasional yang Berdayatahan, Progresif dan Inklusif.

“Melalui strategi akselerasi transformasi ekonomi dan keuangan digital yang efektif dan sinergis untuk kebangkitan Indonesia,” kata dia.

FIlianingsih menambahkan, ada strategi pokok yang akan dilakukan mulai dari mengawal stabilitas moneter, memastikan dukungan pembiayaan yang memadai dan ketiga mengimplementasikan langkah transformasi ekonomi keuangan digital.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here