Home Gaya Hidup Mitsubishi Umumkan Produksi Kei Car Listriknya Tembus 100 Ribu Unit

Mitsubishi Umumkan Produksi Kei Car Listriknya Tembus 100 Ribu Unit

26
0
Produksi Mitsubishi eK X EV di Jepang tembus 100 ribu unit. (Foto: Mitsubishi)

Mitsubishi Motors Corporation mengumumkan bahwa angka total produksi dari model kendaraan mini full-listrik, yakni Mitsubishi eK X EV, dan model Nissan Sakura telah mencapai 100.000 unit.

Angka produksi tersebut diperoleh hanya dalam periode 1 tahun dan 10 bulan setelah produksinya dimulai.

Model Mitsubishi eK X EV dan Nissan Sakura memulai produksi di bulan Mei 2022 di pabrik perakitan Mitsubishi Motors Mizushima.

Pada tahun pertama, produksi keduanya mencapai total volume produksi sebanyak 50.000 unit, dan hari ini telah mencapai 100.000 unit dalam kurun waktu kurang dari dua tahun.

Model Mitsubishi eK X EV dan Nissan Sakura dilahirkan dari keahlian yang dimiliki oleh Mitsubishi Motors dan Nissan, dimana keduanya merupakan pionir di bidang kendaraan listrik (electric vehicle -EV).

Produksi keduanya telah diakui oleh berbagai penghargaan industri otomotif sebagai bentuk ideal dari mobilitas dalam akselerasi kearah dekarbonisasi di Jepang.

Sebagai simbol keberhasilan kemitraan dengan Nissan, Mitsubishi Motors berkomitmen untuk lebih meningkatkan kualitas produksi eK X EV dan Nissan Sakura dalam upaya untuk memungkinkan lebih banyak pelanggan merasakan kendaraan tersebut.

Kei car atau mobil mini listrik yang baru ini dikhususkan untuk pasar Jepang dan hadir dengan ukuran kompak.

Mitsubishi Ek X EV ini memiliki panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.655 mm, dan sumbu roda 2.495 mm. Mobil ini dibekali baterai jenis litium ion berkapasitas 20.000 wH (watt hour) dengan klaim daya jelajah sejauh 180 kilometer dalam sekali pengisian daya penuh.

Baterai tersebut dipadukan dengan daya dinamo penggerak sebesar 47.000 watt, namun kecepatannya dibatasi di 80 kpj saja.

Untuk sektor pengisian daya, kei car listrik ini dibekali colokan jenis ChaDeMo yang merupakan standar Jepang, dengan kemampuan pengisian daya cepat, mulai 10 persen hingga penuh dalam 80 menit.

Di negara asalnya, Ek X EV dibaderol mulai dari 2.398.000 yen Jepang untuk varian terendah atau sekitar Rp105 juta. Namun untuk pasar Indonesia mobil ini belum dipastikan kehadirannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here