Home Feature Aktivitas Fisik Rutin Bisa Membantu Menghindari Gangguan Kesehatan Mental

Aktivitas Fisik Rutin Bisa Membantu Menghindari Gangguan Kesehatan Mental

65
0
Aktivitas fisik rutin seperti naik turun tangga sangat bermanfaat bagi kondisi tubuh. (Foto: Istimewa)

Kondisi cuaca ekstrem yang terjadi saat ini serta hujan yang banyak mengguyur beberapa daerah di Indonesia, mengharuskan kita untuk terus menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dilakukan agar aktivitas sehari-hari tetap berjalan lancar dan bebas dari gangguan penyakit.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah rutin melakukan aktivitas fisik ringan seperti membersihkan rumah, bermain bersama anak, hingga berolahraga ringan minimal 30 menit sehari.

Selain menjaga kesehatan tubuh, aktivitas fisik rutin juga dapat membuat kita terhindar dari penyakit yang mengganggu kesehatan mental kita.

Duktip dari laman Kementerian Kesehatan RI, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika melakukan aktivitas fisik secara rutin:

  1. Mengendalikan kadar kolesterol
  2. Mengendalikan stres
  3. Mengurangi kecemasan
  4. Memperbaiki kelenturan sendi dan kekuatan otot
  5. Memperbaiki postur tubuh
  6. Menurunkan risiko keropos tulang (osteoporosis) pada wanita

Dengan mengetahui ragam manfaat aktivitas fisik bagi tubuh diharapkan dapat lebih termotivasi dan mau melakukan aktivitas fisik sebagai salah satu bentuk perilaku hidup sehat.

Selain itu, perlunya juga mengimbangi aktivitas fisik dengan konsumsi makanan bergizi serta jam tidur yang cukup dan sesuai, agar tubuh lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Selain itu, sangat dianjurkan untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ke fasilitas kesehatan terdekat untuk meminimalisir berbagai potensi penyakit.

Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin bisa diketahui kondisi tubuh, apabila memiliki gejala penyakit bisa segera ditangani oleh dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here