Home Otomotif BYD Fasilitasi 10.000 Unit Mobil Listrik Untuk Kendaraan Operasional PLN

BYD Fasilitasi 10.000 Unit Mobil Listrik Untuk Kendaraan Operasional PLN

21
0
SPKLU yang berada di halaman kantor PLN

Dalam melalukan penetrasi market di Indonesia. BYD memfasilitasi percepatan transisi menuju era kendaraan elektrifikasi di Tanah Air. Tidak hanya melalui inovasi New Energy Vehicle, namun juga dengan ekosistem supaya mempermudah ketersediaan unit bagi banyak pihak.

Hal ini direalisasikan, BYD Motor Indonesia menjalin kerja sama dengan PT PLN (Persero). Yakni melalui subholding PLN Icon Plus dalam penyediaaan 10.000 unit mobil listrik (EV). Adapun pelaksanaannya bakal didukung oleh diler-diler mereka di seluruh nusantara.

Implementasi kerja sama ini akan dilakukan secara bertahap selama lima tahun. Kerja sama ditandai dengan penandatanganan Head of Agreement yang dilakukan oleh Eagle Zhou, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia bersama dengan Chipta Perdana, Director of Electricity Related Business di Mall Kota Kasablanka, Jumat (15/3/2024).

Program elektrifikasi nasional semakin gencar dijalankan Pemerintah dan semua instansi pendukungnya.

Berdasarkan roadmap, penambahan populasi kendaraan listrik merupakan salah satu agenda yang dijadikan fokus utama.

Untuk mendukung suksesi ini, beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga membantu upaya percepatan akselerasi populasi dan ekosistem kendaraan listrik.

Terbaru, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN-Persero) melalui subholding PLN Icon Plus menggandeng raksasa teknologi asal China, PT Build Your Dreams (BYD) Motor Indonesia, untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Ari Rahmat Indra Cahyadi, Direktur Utama PT PLN Icon Plus menjelaskan, kolaborasi ini diyakini bisa menjadi stimulus untuk mendukung transformasi energi yang lebih bersih dan berkelanjutan di Indonesia, termasuk menyiapkan ekosistem EV.

“Kami yakin kerja sama ini akan membawa manfaat besar bagi perkembangan infrastruktur dan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dalam mendukung program transisi energi hijau, serta mewujudkan masa depan energi yang lebih berkelanjutan,” ucapnya saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Ari lanjut membagikan beberapa proyek kerja sama yang akan digagas oleh kedua belah pihak, salah satunya adalah penyediaan 10.000 unit mobil listrik BYD sebagai kendaraan operasional PLN.

Selain itu, PLN Icon Plus juga memasang target supaya penggunaan aplikasi PLN Mobile sebagai platform digital dapat digunakan seluas-luasnya untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

Adapun transformasi PLN Icon Plus berfokus pada empat segmen, yaitu segmen PLN, segmen Retail, segmen Publik, dan segmen Electricity Related Business.

“Ekosistem ini luas sekali, termasuk juga layanan purna jual dan pengembangan dari sisi digital sangat terbuka. Kami hadir tidak hanya melayani PT PLN, tetapi juga hadir melayani publik,” ujarnya.

Pada kesempatan serupa, Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia menjelaskan, penyediaan 10.000 unit mobil listrik BYD diproyeksikan terjadi dalam jangka waktu lima tahun ke depan akan didukung oleh jaringan diler di seluruh Indonesia.

“Kolaborasi ini akan memungkinkan kami menggenapi visi untuk menghadirkan teknologi ramah lingkungan yang inovatif dan berkualitas tinggi kepada masyarakat Indonesia, serta memberikan kontribusi positif pada mobilitas berkelanjutan dengan mitra diler kami,” katanya.

Zhao menjelaskan, BYD berkomitmen untuk memfasilitasi percepatan transisi menuju era kendaraan elektrifikasi di Indonesia tidak hanya melalui inovasi New Energy Vehicle namun juga dengan ekosistem yang dapat mempermudah ketersediaan unit bagi banyak pihak.

Menurut dia, implementasi kerja sama yang akan dilakukan secara bertahap selama lima tahun ini dinilai semakin mempermudah konsumen mendapatkan produk-produk EV dari BYD.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki PLN ICON Plus dan sinergi dengan jajaran PLN Group, BYD optimistis dapat menjangkau konsumen yang lebih luas di berbagai lapisan masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here