Home Bisnis Bangun Sentra Logistik dan Distribusi Pangan, Gibran Ingin Terapkan Program Makan Siang...

Bangun Sentra Logistik dan Distribusi Pangan, Gibran Ingin Terapkan Program Makan Siang Gratis Seperti di India

44
0
Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka

Wali Kota Solo yang juga wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan salah satu topik pembicaraan saat bertemu dengan Duta Besar (Dubes) India Shri Sandeep Chakravorty yang menyambangi kantornya di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, kemarin, Senin, 1 April 2024.

Hal itu sejalan dengan program makan siang gratis yang menjadi salah satu program unggulannya bersama presiden terpilih Prabowo Subianto yang bakal diterapkan juga di Indonesia ke depan saat dilantik.

Pasangan Prabowo-Gibran unggul dalam pemilihan presiden-wakil presiden mengalahkan dua pasangan lain yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Menurutnya, program tersebut sudah lama berjalan di India yang memiliki karakteristik hampir sama dengan Indonesia, yakni memiliki jumlah penduduk yang banyak.

“Itu Pak Dubes bilang satu kepala, satu anak itu 11 sen karena sangat efisien, distribusi logistiknya efisien,” kata Gibran.

Wali Kota Solo ini memastikan, pihaknya berkomitmen menyiapkan skema terbaik, salah satunya dengan belajar dari negara-negara lain yang sudah lebih dulu menerapkan program makan siang gratis.

“Termasuk efeknya seperti apa ke anak-anak, murid-murid lalu kita belajar pendistribusiannya, logistiknya seperti apa. Sentra kitchen-nya seperti apa, keterlibatan ahli gizinya seperti apa,” ucap Gibran.

Dirinya berharap, dengan menerapkan skema terbaik dapat mengurangi beban APBN untuk program makan siang gratis.

Bahkan untuk mempelajari skema makan siang gratis tersebut, pihaknya sudah mengirimkan tim ke India.

“Iya, untuk belajar dan lain-lain,” tambah dia.

Sebelumnya, Gibran sempat menyebut bahwa  program makan siang gratis bagi anak-anak baru dalam tahap uji coba.

“Ini kan kami uji coba dulu,” kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, dilansir dari Antara, Jumat 1 Maret 2024 lalu.

Menurut Wali Kota Surakarta ini, uji coba program makan siang gratis bagi anak-anak akan ada evaluasi, terutama melibatkan para siswa, orang tua siswa, guru, dan kepala sekolah.

“Ya nanti kalau ada masukan dievaluasi ya, pasti akan diperbaiki lagi skema-skema yang ada sekarang,” ucap Gibran.

Meski demikian, ia enggan menjelaskan lebih lanjut terkait dengan program makan siang gratis. Sebab, Gibran mengaku, saat ini masih fokus menyelesaikan tugasnya sebagai Wali Kota Surakarta.

“Sekarang saya fokus dengan pekerjaan yang ada di Solo dulu,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here