Home Bisnis Sebagian Pembayaran Proyek LRT Jabodebek, Adhi Karya Raih Rp 4,1 Triliun  

Sebagian Pembayaran Proyek LRT Jabodebek, Adhi Karya Raih Rp 4,1 Triliun  

30
0
Proyek LRT Jabodebek

PT Adhi Karya Tbk (ADHI) meraup dana sebesar Rp 4,1 triliun (incl. PPN) yang berasal dari sebagian pembayaran pekerjaan LRT Jabodebek Fase I pada April 2024.

Di proyek transportasi tersebut, ADHI menggarap pekerjaan stasiun dan depo LRT Jabodebek Fase 1 milik pemerintah melalui PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Sekretaris Perusahaan Adhi Karya Farid Budiyanto menjelaskan, pembayaran itu diterima setelah ADHI menuntaskan seluruh pekerjaan LRT Jabodebek mulai dari perencanaan desain, pembangunan struktur, sampai pembangunan stasiun dan fasilitasnya.

Secara keseluruhan, ADHI telah menerima pembayaran atas pembangunan prasarana LRT Jabodebek senilai Rp 23,3 triliun dari nilai kontrak Rp 25,5 triliun. Dari total yang sudah dibayarkan, termasuk pembayaran baru yang senilai Rp 4,1 triliun dan Rp 19,1 triliun yang dibayar pada Desember 2023.

“Dengan realisasi lagi sebesar Rp 4,1 triliun ini, berarti sisanya ada Rp 2,2 triliun,” ujarnya dalam konferensi pers usai RUPST, Senin (1/3/2024).

Pembayaran tersebut dilakukan setelah diselesaikannya seluruh pekerjaan LRT Jabodebek mulai dari perencanaan desain, pembangunan struktur, hingga pembangunan stasiun dan fasilitasnya.

LRT Jabodebek memiliki tiga lintas pelayanan yaitu Cawang–Cibubur, Cawang–Dukuh Atas, dan Cawang–Bekasi Timur dan telah diresmikan oleh Joko Widodo pada 27 Agustus 2023. Pembayaran atas proyek LRT Jabodebek ini akan meningkatkan likuiditas dan memperkuat arus kas operasi ADHI ke depannya.

ADHI telah dan senantiasa berpartisipasi dalam berbagai Proyek Strategis Nasional, seperti dalam Pembangunan Trans Jawa untuk Tol Cisumdawu, hingga Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo, serta dalam Pembangunan Trans Sumatera untuk Tol Sigli-Banda Aceh serta Jalan Lintas Timur Sumatera.

ADHI turut berperan dalam pembangunan infrastruktur IKN Nusantara, melalui pembangunan Hunian Pekerja Konstruksi, Jalan Tol Kariangau-Karangjoang Seksi 3A, hingga Jembatan Pulau Balang dan Intake Sepaku.

ADHI juga berhasil membuktikan diri sebagai champion of railway melalui beberapa proyek kereta, seperti LRT Jabodebek, MRT Jakarta Fase 2A, hingga mendapatkan proyek regional di Manila, Filipina untuk proyek North-South Commuter Railways.

Adhi Karya kini tengah menjadi pelopor konstruksi berbasis lingkungan dengan menjadi kontraktor pelaksana Pengolahan Sampah Terbesar di Indonesia, RDF Bantargebang dan mengembangkan pengelolaan lingkungan, FPLT Kawasan Industri di Medan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here