Home Feature Kebangkitan Keris Bali: Kolaborasi Apik Seniman Video dan Royal Enfield

Kebangkitan Keris Bali: Kolaborasi Apik Seniman Video dan Royal Enfield

37
0

Keris Bali memang disakralkan dan biasanya merupakan benda pusaka yang diwariskan secara turun-temurun dalam satu keluarga.

Keris memiliki makna ritual dan filosofis yang mendalam. Keris terbuat dari kombinasi besi, baja dan nikel.

Besi dan baja melambangkan “Ibu Pertiwi” (Ibu Pertiwi), sedangkan nikel melambangkan “Bapak Angkasa” (Bapak Langit).

Keris merupakan gambaran alam itu sendiri dan diyakini memiliki energi alam. Semua bahannya berasal dari alam, dan dalam proses pembuatan keris pun banyak unsur alam
yang dilibatkan.

Keris hadir dalam berbagai bentuk, ada yang lurus dan ada yang melengkung (berluk), yang menyerupai liku-liku kehidupan, tahapan kehidupan, dan perjalanan hidup, dimana manusia menjalani kehidupannya hingga kembali kepada Tuhan.

Sebuah karya apik dipersembahkan oleh seorang konten kreator, Bonfilio Yosafat, founder Nusantara Documentary yang belum lama ini merilis video dokumenter yang mengisahkan tentang kebangkitan Keris Bali.

Berbicara tentang karya terbarunya tersebut, Bonfilio mengatakan, “Ini merupakan kolaborasi kedua antara Nusantara Documentary dan Royal Enfield – sebuah brand yang telah melestarikan warisannya selama lebih dari 120 tahun.”

“Kolaborasi kami sebelumnya telah sukses mengangkat kebudayaan Tusuk Konde dengan teknik patri tiup tahun lalu,” ujar Bonfilio.

Perjalanan Bonfilio dimulai dari Yogyakarta menuju Bali dengan mengendarai Royal Enfield Himalayan.

“Di Angandring, Bali, kami mendokumentasikan proses pembuatan keris Bali, bertemu dengan beberapa narasumber untuk memperkuat karya, kemudian melanjutkan penjelajahan ke daerah lain hingga kami kembali ke Singaraja, selama kurang lebih 1 bulan,” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here