Home Politik Fantastis! Anggaran Baju Dinas dan Pin Emas Anggota DPRD DKI Habiskan 3...

Fantastis! Anggaran Baju Dinas dan Pin Emas Anggota DPRD DKI Habiskan 3 Miliar

27
0
Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Anggota DPRD DKI Jakarta mendapatkan sorotan publik menyusul terungkapnya anggaran baju dinas dan pin emas yang menghabiskan anggaran Rp3.086.890.132.

Dilansir dari situs SiRUP LKPP tender yang berada di bawah satuan kerja Sekretariat DPRD DKI Jakarta untuk Dewan Parlemen Kebon Sirih berjumlah 106 orang.

Adapun anggaran yang tersebut senilai Rp 3 miliar atau setara dengan harga rumah mewah di daerah Kota Depok seperti yang disitat dari salah satu website jual beli rumah.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris DPRD DKI Jakarta Augustinus mengatakan anggaran tersebut jadi Rp 3 miliar lantaran biaya baju dinas DPRD naik sekitar Rp 1,3 miliar karena adanya pembelian pin emas.

Menurut Augustinus, pada Pasal 12 PP tersebut, pakaian dinas bagi pimpinan dan anggota DPRD, masing-masing mendapatkan 5 setel pakaian. Anggaran itu sudah termasuk biaya produksi.

“Pakaian dinas dan atributnya bagi anggota dewan, memang setiap tahunnya kami anggarkan. Sesuai PP 17 tahun 2018 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD. Dewan dapat diberikan pakaian dan atributnya,” ujar Augustinus dikutip Selasa (5/3)./

Augustinus memaparkan, jenis pakaian yang akan diperoleh pimpinan dan anggota DPRD DKI Jakarta periode 2024-2029. Seperti diketahui, DPRD DKI hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 akan dilantik pada bulan Agustus.

“Masing-masing dewan dapat 5 setel pakaian. Terdiri dari pakaian sipil harian, pakaian sipil resmi, pakaian sipil lengkap, pakaian dinas harian lengan panjang, dan yang terakhir pakaian khas daerah,” kata Augustinus.

“Kenapa anggaran nya naik dari 1,7 M menjadi 3 Miliar. karena ada pembelian pin emas,” kata Aga seperti dikutip di Jakarta, Selasa, 5 Maret 2024.

Aga menjelaskan, pengadaan baju dinas dan atribut lainnya ini diperuntukan untuk 106 anggota Legislator DKI baru periode 2024-2029.

“Untuk pakaian dinas dan atribut bagi pimpinan dan anggota dewan di peruntukan untuk Dewan baru,” ungkapnya.

Menurut Aga, pengadaan baju dinas dan atribut pin emas ini dianggarkan setiap 5 tahun sekali, untuk diberikan dewan Kebon Sirih baru.

“Ya, diberikan setiap 5 tahun. Pas pelantikan diberikan,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here