Home Nasional Daftar Pembahasan 6 Segmen, Ini Rundown Debat Pertama Pilpres 2024

Daftar Pembahasan 6 Segmen, Ini Rundown Debat Pertama Pilpres 2024

22
0

Debat perdana calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) 2024 akan berlangsung pada Selasa, (12/12) pukul 19.00 WIB. Debat ini akan disiarkan secara langsung oleh beberapa stasiun televisi nasional dan media daring.

Debat pertama ini mengusung tema Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi. Ketua KPU Hasyim Asy’ari menjelaskan, akan ada enam segmen dengan durasi 120 menit dalam debat capres-cawapres 2024. Hasyim memastikan pasangan calon dapat saling berinteraksi dalam debat tersebut.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyampaikan detail rundown debat capres dan cawapres di Pilpres 2024 yang akan digelar hari ini, Selasa (12/12).

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menjelaskan rundown debat capres berlangsung selama 150 menit. Namun, dari 150 menit itu, sesi khusus debat 120 menit.

Debat akan dibagi menjadi 6 segmen. Adapun tema pertama debat capres pertama meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Acara debat akan dibagi ke dalam enam segmen, sebagai berikut:

Segmen 1: Penyampaian Visi Misi dan Program Kerja
Debat akan dimulai dengan pembacaan tata tertib oleh moderator. Nantinya, akan dipandu oleh news anchor TVRI, Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.

Setelah itu, masing-masing capres diberi kesempatan memaparkan visi-misi dan program selama 4 menit.

Segmen 2 dan 3: Pendalaman Visi Misi
Pada kedua segmen ini akan ditanyakan pendalaman visi dan misi oleh moderator. Total ada 18 pertanyaan yang dibuat oleh 11 panelis.

Selain moderator, dalam kedua segmen ini juga antar capres bisa saling berinteraksi atau saling sanggah.

“Di sana akan ada pertanyaan dan interaksi di antara pasangan calon dengan pasangan calon yang lain,” kata Komisioner KPU August Mellaz.

Segmen 4 dan 5: Pertanyaan dan Tanya Jawab Antar-Pasangan Capres
Mellaz menjelaskan pada segmen 4 dan 5 akan diisi oleh tanya jawab. Dalam kedua segmen ini juga antar calon bisa saling berinteraksi.

“Segmen keempat dan kelima tanya jawab dan tanggapan. Di sana akan ada proses interaksi, tanggapan, lontaran pertanyaan dari pasangan calon dan direspons oleh pasangan calon yang lain,” ucap dia.

Segmen 6: Penutup
Segmen keenam khusus untuk penyampaian pernyataan penutup dari masing-masing capres.

Secara total debat capres-cawapres akan digelar sebanyak 5 kali, dengan rincian tiga sesi untuk debat capres dan dua sesi untuk debat cawapres.

Berikut jadwal lengkap debat capres-cawapres Pilpres 2024
– Debat I (Selasa, 12 Desember 2023)
Tema: Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga (capres)

– Debat II (Jumat, 22 Desember 2023)
Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan (cawapres)

– Debat III (Minggu, 7 Januari 2024)
Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik (capres)

– Debat IV (Minggu, 21 Januari 2024)
Pembangunan Berkelanjutan, SDA, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria Masyarakat Adat dan desa (cawapres)

– Debat V (Minggu, 4 Februari 2024)
Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, SDM, dan Inklusi (capres)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here