Home Nasional Soal Gugatan Hasil Pemilu ke MK, Wapres: Itu Normal dan Konstitusional

Soal Gugatan Hasil Pemilu ke MK, Wapres: Itu Normal dan Konstitusional

23
0
Wapres KH Ma'ruf Amin dalam kunjungan ke Kendari. (Foto: Setwapres)

Usai mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU), muncul rencana gugatan dari peserta Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Saat dimintai tanggapannya oleh awak media mengenai adanya gugatan pihak-pihak yang tidak puas terhadap hasil Pemilu, Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan langkah konstitusional dan normal sebagaimana juga terjadi pada pemilu sebelumnya.

“Saya kira sesuai dengan aturan yang ada tentu hasil Pemilu itu ditetapkan oleh KPU. Tetapi kemudian bagi yang tidak puas tentu boleh melakukan gugatan, sesuai dengan aturan di MK,” ungkap Wapres di Kendari, Kamis (21/3/2024).

Menurut Wapres, konstitusi Indonesia memang telah mengatur bahwa penyelesaian sengketa hasil Pemilu dilakukan melalui MK.

“Jadi proses itu saya kira memang sudah disiapkan oleh aturan (perundang-undangan) di negara kita. Dan gugatan itu saya kira yang lalu juga ada sekarang pun saya (kira) ada. Jadi itu normal,” tuturnya.

Kemudian, dengan adanya gugatan hasil Pemilu 2024 ke MK, Wapres mengimbau kepada para pihak terkait agar sabar menanti hasil keputusan MK.

“Karena itu, hasil KPU itu sementara tentu menunggu hasil dari keputusan MK. Kita harapkan bahwa semuanya berjalan sesuai dengan koridor aturan dan melalui cara-cara atau saluran yang sudah ada,” imbaunya.

Wapres juga berharap seluruh pihak baik penggugat maupun tergugat nantinya dapat menerima apapun hasil dari keputusan MK.

“Nanti MK apa hasilnya, sebaiknya kita menerima hasil yang sudah ditetapkan,” harapnya.

Lebih lanjut, saat ditanya apakah akan memanggil para kontestan Pemilu dan Pilpres baik yang menang ataupun kalah, Wapres menyatakan bahwa dirinya tidak akan melakukan hal tersebut.

“Saya tidak akan memanggil siapa-siapa. Kita hanya berharap bahwa semuanya berjalan sesuai dengan aturan yang ada,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here