Home Daerah Pedagang Mie Ayam dan Bakso Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD

Pedagang Mie Ayam dan Bakso Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD

42
0

Asosiasi Pedagang Mi Ayam dan Bakso atau Apmiso berkumpul di Semarang, Jawa Tengah.  Mereka mendeklarasikan dukungan untuk calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Senin (1/1/2024). Asosiasi tersebut menilai pasangan Ganjar-Mahfud responsif terhadap keluhan-keluhan para pedagang.

”Kami pengurus, komunitas, pedagang, dan mitra yang tergabung dalam Apmiso menyatakan dukungan sepenuhnya kepada Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029. Kami akan menyatukan suara untuk kemenangan pasangan ini di Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang,” ujar Ketua Umum Apmiso Lasiman, Senin, di Semarang.

Lasiman menyebut, Apmiso sepakat mendukung Ganjar-Mahfud karena selama 20 tahun terakhir Ganjar telah membina dan memberikan semangat kepada para anggota asosiasi itu. Dia mencontohkan, pada masa pandemi Covid-19, Ganjar memfasilitasi ribuan pedagang mi ayam dan bakso untuk menjalani vaksin di hotel bintang lima.

Menurut Lasiman, pengalaman itu sangat berkesan bagi para pedagang. Sebab, selain merasa terbantu mendapatkan vaskin Covid-19, para pedagang juga bisa merasakan masuk ke hotel bintang lima.

Menurut Lasiman, Ganjar merupakan pemimpin yang responsif. Dia menuturkan, saat harga cabai di Jateng melambung menjadi Rp 95.000 per kilogram (kg), Apmiso mengadu ke Ganjar.

Kala itu, Ganjar yang masih menjabat sebagai Gubernur Jateng langsung menugaskan badan usaha milik daerah (BUMD) setempat untuk memotong rantai distribusi dengan cara membeli cabai langsung dari petani.

Apmiso yang saat itu membantu BUMD mencari cabai murah menemukan petani di Kabupaten Semarang yang menjual cabai dengan harga Rp 60.000 per kg. Cabai itu lantas dibeli langsung secara tunai oleh BUMD. Kepada masyarakat, cabai itu dijual dengan harga Rp 55.000 per kg. Adapun selisih harganya ditanggung oleh Ganjar.

”Baru dua hari cabai itu dijual, harga di pasaran langsung turun menjadi Rp 40.000 per kg. Karena harganya sudah murah dan stoknya melimpah, kami memutuskan untuk menyimpan sebagian cabai itu di cold storage (gudang penyimpanan berpendingin) sebagai penyetabil jika harga cabai melambung lagi,” ungkap Lasiman.

Lasiman menambahkan, jika Ganjar terpilih menjadi presiden, Apmiso bakal meminta bantuan berupa cold storage. Gudang itu akan dimanfaatkan untuk menyimpan cabai yang dibeli dari petani saat harganya jatuh. Cabai itu lantas akan dijual kepada masyarakat saat harga di pasaran sedang tinggi. Dengan begitu, gejolak harga bisa ditekan.

Ketua Umum Partai Perindo sekaligus Dewan Pakar Apmiso, Hary Tanoesoedibjo, meminta para anggota Apmiso turut menggerakkan orang-orang di sekitar mereka, termasuk para pelanggan mi ayam dan bakso, untuk memilih Ganjar-Mahfud. Hary meyakini, pasangan Ganjar-Mahfud bisa menyejahterakan masyarakat Indonesia, termasuk para pedagang.

Hary mengatakan, pasangan Ganjar-Mahfud bisa memenuhi kriteria pemimpin yang baik. Menurut dia, setidaknya ada lima ciri pemimpin yang baik, yaitu memiliki ilmu pengetahuan tinggi, tidak punya kepentingan pribadi, tidak tamak, pemberani, serta sehat jasmani dan rohani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here