Home Nasional Jelang Pemilu 2024, PSI Pastikan Gabung Koalisi Besar KIB-KKIR

Jelang Pemilu 2024, PSI Pastikan Gabung Koalisi Besar KIB-KKIR

27
0

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berencana akan melebur bergabung ke dalam Koalisi Besar di Pemilu 2024.

Koalisi besar yang terdiri dari gabungan partai politik yang terhimpun dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangsaan Indonesia Raya (KKIR).

Keputusan PSI gabung ke Koalisi Besar itu diketahui berdasarkan undangan DPP PSI. Partai tersebut akan menyampaikan rencana bergabungnya ke Koalisi Besar besok Selasa (4/4/2023).

“Benar [rencana gabung koalisi besar],” kata Juru Bicara PSI Ariyo Bimo, Selasa (4/4) malam. Bimo menjawab pertanyaan tentang rencana PSI gabung ke koalisi besar di Pemilu 2024.

Kendati demikian, Bimo tak menjelaskan alasan rinci PSI berkeinginan bergabung dalam koalisi itu.

“PSI memutuskan akan bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) + Koalisi Indonesia Raya (KIR),” bunyi pesan undangan tersebut.

PSI akan menggelar konferensi pers di kantornya, Jalan Wahid Hasyim No 194, Jakarta Pusat (Jakpus) pukul 12.00 WIB.

Namun, ia memastikan petinggi PSI seperti Wakil Ketua Dewan Pembina Grace Natalie hingga Ketua Umum Giring Ganesha akan menjelaskan soal sikap tersebut di Kantor DPP PSI, Jakarta, Rabu (5/4) siang.

“Kami akan jelaskan posisi politik kami,” kata dia.

Rencana membangun koalisi besar muncul usai lima ketua umum partai menggelar pertemuan bersama Presiden Joko Widodo akhir pekan lalu di Kantor DPP PAN, Jakarta.

Lima orang ketua umum yang hadir antara lain, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum PPP Mardiono.

Koalisi besar ini rencananya akan meleburkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) terdiri Golkar, PAN, dan PPP serta Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) terdiri dari Gerindra dan PKB.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pun menyebut sudah ada kesepakatan mengenai koalisi itu.

“Ada. Ternyata ada (kesepakatan). Jadi, kita merasa ada frekuensi yang sama ya, ada kecocokan dan kalau dilihat, pimpinan partai kita sudah masuk, Pak Cak Imin ya,” ungkap Prabowo di Kantor DPP PAN, Minggu (2/4).

Ditambahkan juga oleh Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar, Ia mengatakan pertemuan para ketua umum partai politik akhir pekan lalu menjadi titik awal wacana koalisi besar. Airlangga mengatakan fondasi koalisi besar itu sudah dibahas.

“Kemarin kita sudah bertemu secara silaturahmi, fondasinya sudah kita bahas. Terkait dengan kepemimpinannya di chapter berikut,” kata Airlangga kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, hari ini.

Airlangga juga membuka pintu bagi partai-partai lain untuk ikut bergabung. Konsolidasi terus dilakukan untuk menentukan format koalisi besar tersebut.

“Kami juga membuka terhadap partai-partai yang ingin bergabung di dalam koalisi besar ini.

Dan tentu antar pimpinan lima partai ini kami cukup cair dan kami akan terus berkomunikasi intens agar koalisi ini bisa terus menemukan bentuknya,” ujar Airlangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here