Home Uncategorized Perusahaan Elon Musk SpaceX Sudah Urus Investasi di IKN Nusantara

Perusahaan Elon Musk SpaceX Sudah Urus Investasi di IKN Nusantara

22
0

SpaceX adalah perusahaan kedirgantaraan asal Amerika Serikat yang bermarkas di Hawthorne, California. Sejak berdiri 6 Mei 2002, SpaceX telah memproduksi banyak kendaraan luar angkasa.

Ide utama Elon Musk dalam mendirikan SpaceX adalah agar manusia dapat pergi ke planet Mars dan mendirikan koloni di sana. Perusahaan kemudian mulai mengembangkan Falcon 1 pada 2008. Roket dengan bahan bakar cair pertama tersebut berhasil dibuat untuk tujuan komersial.

SpaceX fokus pada menciptakan roket yang dapat dipakai berkali-kali, layaknya pesawat terbang. Hal tersebut berbeda dengan sebagian besar roket luar angkasa yang dibuat dengan biaya mahal dan hanya sekali dipakai.

CEO SpaceX Elon Musk akan berinvestasi di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara. Perusahaan milik Elon Musk tersebut saat ini sedang dalam tahap administrasi.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia akhirnya buka suara terkait investor asing yang bakal menanamkan modalnya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.  Salah satunya Space Exploration Technologies Corporation atau SpaceX.

“SpaceX melakukan investasi dan proses administrasi berjalan dengan sebagaimana mestinya. Jalan on the track kok semua,” ujar Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinator Bahlil Lahadalia saat ditemui awak media, di Kantor Kementerian Investasi, Jakarta, Kamis (16/2)

Menurut Bahlil, tidak ada kendala saat perusahaan milik Elon Musk tersebut ingin masuk untuk berinvestasi di IKN Nusantara. Namun demikian, masih terdapat beberapa permohonan dari SpaceX yang perlu didiskusikan. Selain itu, beberapa persyaratan juga masih harus dipenuhi oleh SpaceX.

“Tidak ada juga kendala prinsip. Cuma ada beberapa persyaratan yang harus mereka penuhi,” kata dia.

Anak perusahaan teknologi milik Bos Tesla, Elon Musk tersebut memastikan menanamkan modalnya di IKN. Bahlil mengatakan, saat ini perusahaan asal Amerika Serikat tersebut sedang dalam tahap proses administrasi.

“SpaceX, mereka melakukan investasi di IKN dan proses administrasi sedang berjalan sebagaimana mestinya,” kata Bahlil di Gedung Kementerian Investasi, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023).

Meski begitu dia memastikan semua proses diskusi antara Pemerintah RI dan SpaceX tetap berjalan sesuai dengan prosedur. “Kita jalan ini semua sudah on the track,” sambung Bahlil.

Diberitakan sebelumnya, salah satu perwakilan US-ASEAN Business Council, Taufiqurrahman memberikan bocoran kalau SpaceX akan berinvestasi di IKN Nusantara. Perusahaan teknologi ini ingin mewujudkan ibukota baru RI menjadi kota pintar (smart city).

SpaceX akan menjalankan bisnis internet dengan teknologi terbarunya, tanpa menggunakan satelit. Hanya saja, saat ini proses tersebut masih terkendala masalah teknis di Kementerian Investasi.

“Ini mungkin akan banyak membantu teknologi untuk IKN dan juga untuk Indonesia secara keseluruhan,” kata dia.

Untuk itu dia meminta, Bahlil sebagai menteri Investasi agar bisa mempercepat proses lisensinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here