Home Bisnis Wadirut Bank Mandiri: Bisnis Perbankan RI Dinilai Prospektif

Wadirut Bank Mandiri: Bisnis Perbankan RI Dinilai Prospektif

34
0
Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar

Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Alexandra Askandar, blak-blakan situasi bisnis perbankan Indonesia masih cukup prospektif meski berada di tengah gejolak ekonomi dan geopolitik global. 

“Kami melihat di Indonesia bisnis perbankan masih cukup prospektif meskipun di tengah gejolak ekonomi,” kata wanita yang akrab disapa Sandra dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2024 di The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Menurutnya, hal ini tampak dari pertumbuhan kredit yang mulai menunjukkan pemulihan ekonomi cukup baik, meski Dana Pihak Ketiga (DPK) masih di bawah ekspektasi.

“Kami juga melihat hal ini tidak semata-mata sesuatu yang dikhawatirkan karena pemulihan ekonomi deposan mulai terlihat. Mereka mulai menggunakan dananya untuk konsumsi dan investasi,” ucap Sandra.

Sandra menuturkan penurunan DPK, terutama valuta asing, menurutnya dipicu oleh menurunnya kinerja perdagangan. Meski begitu, pemulihan ekonomi Indonesia ini berdampak positif pada Non-Performing Loan (NPL) yang tetap rendah dan peningkatan Net Interest Margin (NIM).

“Ini tentunya memberikan optimisme termasuk harapan ke depan dengan menurunnya suku bunga yang bergeser di semester kedua tahun 2024,” tuturnya. “Hal ini kami harapkan memberikan optimisme pada pelaku ekonomi yang akan memberikan prospek yang baik kepada industri perbankan.”

Lebih jauh, Sandra mengatakan Bank Mandiri saat ini sudah lebih siap jika relaksasi kredit dikurangi. Dia mengaku perseroan terus melakukan assessment dan stress test dari berbagai aspek.

“Di Bank Mandiri sendiri, LAR (Loan to Asset Ratio) itu saat ini sudah lebih rendah dibandingkan sebelum Covid-19. Hal ini menjadi indikator utama bahkan kita sudah siap kembali ke masa sebelum pandemi, di mana relaksasi dikurangi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan),” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here