Home Nasional Kekuatan TNI-Polri Kini Dilengkapi Sepeda Motor Trail Bertenaga Listrik

Kekuatan TNI-Polri Kini Dilengkapi Sepeda Motor Trail Bertenaga Listrik

55
0

Kementerian Pertahanan kembali melengkapi kekuatan TNI dan Polri dengan menyerahkan 100 sepeda motor trail listrik (E-Tactical Sergap). Penyerahan diberikan secara simbolis dari Menhan Prabowo Subianto kepada Aslog Kasad, Aslog Kasal, Asops Kasau dan Asops Kapolri.

Dengan penyerahan kendaraan operasional ini menjadikan Kementerian Pertahanan sebagai kementerian pertama yang menggunakan motor clean energy technology untuk operasional para prajurit di kesatuan-kesatuan.

Sepeda motor E-Tactical Sergap menggunakan kendali daya elektrik dengan dinamo motor mid drive 3000 watt. Memiliki kecepatan maksimum 75 km/jam, serta daya angkut kurang lebih 160 kg.

Tidak hanya itu, sepeda motor listrik ini memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 61 persen dan bebas polusi.

“Produksi dan pemanfaatan rantis E-Tactical Sergap ini adalah bukti komitmen kuat dan dukungan Kemhan terhadap produksi anak bangsa,” ujar Menhan Prabowo, (31/8/2023).

“Sebagai anak bangsa, sudah selayaknya bagi kita bertugas untuk turut mendorong kemandirian Indonesia di sektor pertahanan dan keamanan,” tambahnya.

Menhan Prabowo juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada industri pertahanan dalam negeri yaitu PT. Len Industri (Persero), PT Eltran Indonesia dan PT BYXE Motor Indonesia (BMI) karena telah berhasil memproduksi dan lulus sertifikasi atas rantis motor trail listrik ini.

Kehadiran rantis E-Tactical Sergap ini diharapkan Menhan menjadi salah satu terobosan dan akan memberikan efek positif bagi pemenuhan mobilitas militer dan polisi yang tinggi.

“Jaga dan rawat dengan baik agar usia pakai kendaraan dapat lebih lama,” pesan Menhan Prabowo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here