Home Nasional Setelah Klarifikasi, KPK Cek Lokasi Aset Pejabat Bea Cukai Andhi Pramono

Setelah Klarifikasi, KPK Cek Lokasi Aset Pejabat Bea Cukai Andhi Pramono

26
0

Usai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima hasil klarifikasi Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono terkait harta kekayaannya yang dilaporkan dalam LHKPN ke KPK, pada Selasa (14/3).

Selanjutnya, KPK menerjunkan tim ke lapangan untuk mengecek langsung aset milik Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono.

Hal ini dilakukan untuk membuktikan kebenaran informasi yang ia sampaikan, setelah ia memberikan klarifikasi mengenai kekayaannya beberapa waktu lalu.

Dalam keterangannya Jubir Bidang Pencegahan KPK Ipi Maryati Kuding menyampaikan, klarifikasi ini dilakukan dengan menyerahkan data-data secara lengkap mulai transaksi keuangan hingga dokumen kepemilikan aset.

“Hasil analisa ini nantinya akan menentukan tindak lanjut selanjutnya, KPK hanya memastikan penyelenggara negara telah melaporkan harta kekayaan miliknya secara lengkap”, paparnya.

“Selain itu, juga untuk memastikan sumber penghasilan atau penerimaan lainnya dalam pelaksanaan tugasnya sebagai penyelenggara negara,” pungkas Ipi.

Setelah terima klarifikasi, KPK langsung menindak lanjuti dengan mengecek harta atau aset kekayaan milik Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono.

Pengecekan lapangan berlangsung dua hari setelah proses klarifikasi laporan harta kekayaan yang dijalani pejabat Bea Cukai tersebut di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (14/3/2023).

“Hari ini kami melakukan pengecekan lapangan terkait dengan klarifikasi yang disampaikan oleh Andhi Pramono,” ujarnya Juru Bicara Bidang Pencegahan KPK Ipi Maryati kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Adapun obyek dari klarifikasi yang dijalani Andhi meliputi harta kekayaannya yang tercantum dalam LHKPN, maupun informasi harta kekayaan yang tersebar di media sosial. Misalnya, rumah mewah di kawasan Cibubur.

Atas informasi yang berseliweran di media sosial itu, KPK mengonfirmasinya langsung kepada Andhi termasuk asal-usul dari harta tersebut.

“Beberapa diakui sebagai miliknya dan beberapa diakuinya bukan miliknya sehingga kemudian berkonsekuensi kepada apakah harta tersebut tercantum di dalam LHKPN-nya atau tidak,” jelas Ipi.

Andhi telah menyebut bahwa rumah di kawasan Cibubur yang viral di media sosial itu belum menjadi kepemilikannya. Rumah tersebut saat ini merupakan milik orang tuanya.

“Mungkin mengenai rumah yang itu bukan dari hasil foto saya, tetapi memang sengaja diambil media” kata Andhi.

“Itu adalah rumah yang ditempati orang tua saya sudah lama dan diberikan waris kepada saya,” ujar Andhi kepada wartawan di Gedung KPK usai menjalani klarifikasi, Selasa (14/3/2023).

Berdasarkan LHKPN periode 2021 milik Andhi, dia melaporkan harta senilai Rp13,75 miliar. Dia tercatat memiliki 15 tanah dan bangunan di berbagai lokasi dengan nilai Rp6,98 miliar.

Selain itu, dia juga memiliki 13 alat transportasi senilai Rp1,84 miliar, harta bergerak lainnya Rp706,5 juta, surat berharga Rp2,9 miliar, serta kas dan setara kasnya Rp1,2 miliar.

Alat transportasi tersebut adalah Mini Morris Sedan, Fiat Sedan, Toyota Corolla, Honda Brio, Ford Sedan, Chevrolet Sedan, Austin Sedan, dan Toyota Jeep.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here