Home Gaya Hidup Tempe Khas Indonesia Tebar Pesona di Filipina

Tempe Khas Indonesia Tebar Pesona di Filipina

27
0

Dalam rangka menyambut HUT ASEAN ke-56, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Manila berkolaborasi dengan Yayasan Duta Indonesia Maju menyelenggarakan Festival Tempe dalam acara ASEAN Food Festival (AFF) 2023 di SM Mall of Asia, Filipina, (6/8/2023).

Festival Tempe ini dimaksudkan untuk mempromosikan Tempe sebagai bahan makanan sehat bergizi dari Indonesia yang dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan kepada masyarakat Filipina.

Duta Besar RI Agus Widjojo menyambut baik inisiatif kolaborasi penyelenggaraan Festival Tempe di Filipina. “KBRI sangat mendukung promosi Tempe sebagai superfood kebanggaan bangsa Indonesia di Filipina,” ujarnya.

Menurut Agus konsep promosi Tempe sebagai warisan budaya Indonesia yang dipadukan dengan promosi seni budaya menjadi sangat menarik dan memberikan nilai tambah bagi para pengunjung.

Booth KBRI menyuguhkan berbagai macam makanan olahan Tempe dan sambal nusantara yang dibagikan kepada para pengunjung secara gratis.

Para pengunjung terlihat sangat antusias memadati booth dan berebut untuk merasakan sajian Tempe Orek, Tempe Goreng, Tempe Balado, Tempe Keripik, Tempe Retort Bawang, Bolognese Tempe, dan Rendang Tempe.

Pada panggung utama AFF, Mimis S Sasmoyo, Ketua Ad Hoc Festival Tempe sekaligus pendiri Komunitas Gastronomi Indonesia naik panggung untuk memberikan penjelasan mengenai berbagai kandungan gizi dan manfaat sehat Tempe.

Yang menarik, Chef Yudhi Harijono dan Chef Eek Kie membuat suasana semakin hangat dengan demonstrasi mengolah Tempe menjadi Ice Tempe Coffee Latte, menu pertama di dunia yang dilaunching dalam kegiatan tersebut.

Hal ini menarik perhatian banyak pengunjung yang mengenal Tempe hanya sebagai salah satu menu makanan dan bukan minuman.

ASEAN Food Festival (AFF) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh ASEAN Ladies Foundation (ALF) dalam rangka peringatan Hari ASEAN 2023. Ketua DWP KBRI Manila Ranny Widjojo saat ini merupakan Presiden ALF.

Peserta AFF terdiri dari perwakilan 10 negara anggota ASEAN dan mitra wicara ASEAN, Korea Selatan.

Pembukaan AFF disaksikan oleh Menteri Luar Negeri Filipina dan dihadiri Dubes Negara Anggota ASEAN dan Korea Selatan serta tamu undangan dari berbagai kalangan pemerintah, bisnis, komunitas foodies dan publik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here