Home Nasional Jokowi: Cocok Jika KIB dan KIR Bersatu dalam Pemilu 2024

Jokowi: Cocok Jika KIB dan KIR Bersatu dalam Pemilu 2024

47
0

Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung melontarkan kata “cocok” seandainya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) bersatu untuk menghadapi Pemilu 2024.

Adapun KIB merupakan gabungan dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sementara KIR adalah merupakan bentukan Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Presiden Joko Widodo kumpul bersama lima ketua umum parpol pro pemerintah. Menariknya, lima ketum parpol tersebut berada di dua kubu koalisi yang berbeda jelang Pemilu 2024.

Jokowi hadir dalam pertemuan tersebut saat Silaturahmi Ramadan di kantor DPP PAN, Jakarta, Minggu (2/4).

Lima ketua umum yang hadir adalah Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono.

Dalam pertemuan kurang lebih dua jam ini muncul sinyal penggabungan dua koalisi Pemilu 2024. Yaitu Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Golkar, PAN dan PPP, serta Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) antara Gerindra dan PKB.

Usai pertemuan, Jokowi mengaku tidak ingin bicara peluang penggabungan dua koalisi tersebut. Tetapi, ia mengatakan cocok bila bergabung.

“Cocok,” kata Jokowi menjawab pertanyaan wartawan.

Tetapi, Jokowi menyerahkan kepada para ketua umum partai yang hadir apakah akan mau bergabung menjadi koalisi besar.

“Saya hanya bilang cocok. Terserah kepada ketua-ketua partai atau gabungan ketua partai. Untuk kebaikan negara untuk kebaikan bangsa untuk rakyat, hal yang berkaitan bisa dimusyawarahkan itu akan lebih baik,” kata Jokowi.

Termasuk nama-nama calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung koalisi besar ini, Jokowi mengaku menyerahkan kepada pimpinan partai pendukungnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here