Home Nasional Ini Dia Lima Provinsi dengan Investasi Terbesar Sepanjang 2023

Ini Dia Lima Provinsi dengan Investasi Terbesar Sepanjang 2023

31
0

Kementerian Investasi/BKPM baru saja merilis provinsi yang menjadi lokasi investasi terbesar di Indonesia periode Triwulan II Tahun 2023.

Disampaikan, ada 5 provinsi yang menjadi lokasi investasi terbesar di Indonesia yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, dan Banten.

Dalam keterangannya, Provinsi Jawa Barat menjadi wilayah dengan investasi terbesar sepanjang triwulan II 2023 dengan mencatatkan nilai investasi sebesar Rp53,7 triliun.

Provinsi kedua yang memiliki investasi terbesar selanjutnya yaitu DKI Jakarta dengan nilai investasi Rp43,0 triliun.

Disusul Provinsi Jawa Timur dengan nilai investasi Rp31,1 triliun. Selanjutnya, Provinsi Sulawesi Tengah dengan nilai investasi Rp26,6 triliun.

Terakhir atau di posisi kelima yaitu Provinsi Banten dengan nilai investasi Rp24,9 triliun.

Sedangkan untuk negara asal investasi, Singapura masih menempati urutan pertama dengan total investasi sebesar US$3,4 miliar.

Posisi kedua ditempati Cina dengan investasi sebesar US$2,6 miliar. Disusul Hong Kong dengan nilai investasi US$2,0 miliar.

Selanjutnya ada Jepang dengan investasi US$1,0 miliar, dan Malaysia sebesar US$0,8 miliar.

Kementerian Investasi/BKPM juga menginformasikan Sektor Investasi Triwulan II Tahun 2023, yaitu sektor transportasi, gudang, dan telekomunikasi sebesar Rp43,0 triliun.

Posisi kedua yaitu sektor industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatannya sebesar Rp42,4 triliun.

Untuk sektor pertambangan berada di urutan ketiga dengan investasi sebesar Rp37,9 triliun. Diikuti sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran sebesar Rp30,4 triliun.

Sektor listrik, gas, dan air berada di posisi kelima dengan investasi sebesar Rp25,6 triliun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here