Home Nasional Pertamina Kolaborasi dengan UGM Garap Riset Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan

Pertamina Kolaborasi dengan UGM Garap Riset Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan

66
0

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) mengumumkan kolaborasinya dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM.

Kedua institusi ini akan melakukan kerja sama riset inovasi teknologi ramah lingkungan untuk pengembangan teknologi dan berbagi pengetahuan di bidang geofisika dalam hal eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi.

Dengan kerja sama ini diharapkan riset-riset teknologi yang dilakukan dapat mendukung kegiatan operasional PHE khususnya dalam bidang eksplorasi dan eksploitasi Minyak dan Gas Bumi.

Riset inovasi teknologi yang akan dilakukan pada lapangan PHE meliputi inovasi teknologi Controlled Source Electromagnetic (CSEM) dan Clean Technology Self Potential – Electrical Resistivity Tomography (SP-ERT).

CSEM merupakan inovasi teknologi menggunakan metode elektromagnetik yang dimanfaatkan untuk mendeteksi keberadaan lapisan hydrocarbon di subsurface.

Sedangkan SP-ERT merupakan inovasi teknologi untuk monitoring water injection secara real-time dan terautomasi dalam perekaman data di sekitar sumur injeksi.

Implementasi riset inovasi teknologi akan dilakukan mulai dari skala laboratorium dan secara langsung diuji di lapangan PHE.

Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat FMIPA UGM, Dr. Wiwit Suryanto, mengatakan kerja sama riset di lapangan dengan Upstream Innovation PHE merupakan wujud dari salah satu kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi di bidang penelitian.

“Dengan kegiatan meliputi riset-riset inovasi teknologi ini kita ingin perguruan tinggi dan industri dapat bahu-membahu mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia, khususnya dalam hal eksplorasi oil and gas,” ujar Wiwit.

Sementara itu, Senior Specialist Innovation Geophysics Upstream Innovation PHE, Freddy Yulisasongko, mengatakan latar belakang kerja sama dengan FMIPA UGM dikarenakan riset inovasi teknologi FMIPA UGM di bidang geofisika non seismic (metode elektromagnetik) sudah cukup maju dan berkembang pesat, baik dalam skala laboratorium maupun skala implementasi di lapangan.

“Dari dulu UGM itu sangat kuat di (bidang) geofisika non seismic, salah satunya adalah metode elektromagnetik dan metode self potential-electrical resistivity tomography,” kata Freddy.

“Melalui kerja sama ini kita tidak hanya menyerahkan pekerjaan dan hanya melakukan quality control, tetapi kita juga terlibat dalam prosesnya bersama tim teknis dari awal sampai akhir,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here