Home Nasional BRI Raih Best Bank Awards Global Finance 2023 untuk Kedua Kalinya

BRI Raih Best Bank Awards Global Finance 2023 untuk Kedua Kalinya

40
0

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali dinobatkan sebagai Best Bank in Indonesia oleh Global Finance pada penyelenggaraan 30th Annual Best Bank Awards Global 2023.

Penghargaan tersebut diraih BRI dua tahun berturut-turut. Global Finance sendiri merupakan majalah keuangan terkemuka di dunia yang didirikan pada 1987 di New York serta memiliki jangkauan peredaran di 163 negara.

Dalam keterangan resmi Global Finance, Direktur Editorial Global Finance Joseph D. Giarraputo mengungkapkan Best Bank Awards tahun ini merupakan bentuk pengakuan terhadap lembaga keuangan yang menawarkan layanan terluas dan terlengkap serta keandalan yang diperlukan untuk menjaga keberlangsungan dalam jangka panjang.

“Dalam memilih bank-bank top ini, Global Finance mempertimbangkan faktor-faktor penilaian, mulai dari sisi kuantitatif hingga informasi yang bersifat subyektif,” ujar Joseph.

“Kriteria objektif yang dipertimbangkan meliputi pertumbuhan aset, profitabilitas, jangkauan geografis, strategi, pengembangan bisnis baru dan inovasi produk,” ungkapnya.

“Sementara itu, informasi yang bersifat subyektif mencakup pendapat analis ekuitas, analis peringkat kredit, konsultan perbankan, dan pihak lainnya yang terlibat dalam industri ini,” tambah Joseph.

Ditinjau dari sisi kinerja, sepanjang tahun 2022 BRI berhasil mempertahankan kinerja gemilangnya. BRI secara konsolidasian berhasil mencatatkan kinerja positif dengan pencapaian rekor laba sebesar Rp51,4 triliun pada akhir tahun lalu.

Terkait dengan pencapaian tersebut, Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan tiga kunci keberhasilan BRI dalam menjaga bottom line kinerja perusahaan.

“Pertama, BRI berhasil melakukan efisiensi utamanya melalui menekan biaya dana (cost of fund) melalui perbaikan funding structure peningkatan dana murah (CASA),” ujar Sunarso.

“Faktor kedua yang memberikan kontribusi besar terhadap kinerja perseroan yakni pendapatan berbasis komisi atau fee based income yang tumbuh double digit yang merupakan buah dari transformasi digital,” jelasnya.

“Ketiga, BRI terus mengoptimalkan upaya recovery sebagai bagian dari efisiensi,” ujar Sunarso.

Sunarso juga mengungkapkan rasa optimisme bahwa di tahun ini BRI dapat meneruskan momentum kinerja positif di tahun lalu, meskipun saat ini kondisi ekonomi global masih diselimuti ketidakpastian. Pihaknya menargetkan kredit akan tumbuh di level 10-12%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here