Home Daerah Jelang Idul Fitri, Satgas Marinir TNI AL Ambalat XXVIII Perketat Pemeriksaan Perbatasan

Jelang Idul Fitri, Satgas Marinir TNI AL Ambalat XXVIII Perketat Pemeriksaan Perbatasan

40
0

Wilayah perbatasan memang menjadi area yang rentan penyeludupan barang ilegal. Apalagi menjelang hari raya Idul Fitri, sering terjadi penyeludupan yang tentu saja melanggar hukum.

Terkait hal tersebut, Satgas Marinir Ambalat XXVIII BKO Guspurla Koarmada II, Denpom Lanal Nunukan, dan Badan Intelijen Strategis (BAIS) melaksanakan sweeping terhadap orang dan barang di depan Pos Marinir Sei Pancang Kecamatan Sebatik Utara, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, (13/4/2023).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menciptakan situasi kondusif dan mencegah kegiatan penyelundupan barang ilegal menjelang hari raya Idul Fitri.

Dalam kegiatan tersebut, petugas menghentikan setiap kendaraan yang melintas dari pelabuhan tradisional Somil, kemudian dilakukan pemeriksaan terhadap orang dan barang bawaan.

Setiap orang diperiksa kelengkapan dokumen diri, sementara barang bawaan dibongkar dan diperiksa untuk memastikan tidak ada barang ilegal yang dibawa dari negara tetangga.

Komandan Satgasmar Ambalat XXVIII Kapten Marinir Andreas Parsaulian Manalu, ST.Han menyampaikan bahwa daerah perbatasan berpotensi terjadinya penyelundupan barang ilegal terlebih menjelang Idul Fitri sehingga upaya pencegahan penting untuk dilakukan.

“Sweeping terhadap orang dan barang, sengaja dilaksanakan di depan Pos Marinir Sei Pancang, karena tempat tersebut merupakan akses keluar masuk pelabuhan tradisional Somil, salah satu pelabuhan tradisional yang digunakan pelintas batas wilayah Indonesia – Malaysia,” ujar Andreas.

Kegiatan tersebut akan terus dilaksanakan sampai hari H lebaran nanti. Andreas mengharapkan partisipasi aktif masyarakat sekitar untuk membantu dalam hal pengawasan sehingga kolaborasi yang baik tersebut dapat benar-benar menciptakan situasi kondusif dan bersih dari barang ilegal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here