Home Nasional Menko Polhukam: Pemerintah Menjamin Mudik Tahun Ini Aman dan Nyaman

Menko Polhukam: Pemerintah Menjamin Mudik Tahun Ini Aman dan Nyaman

26
0
Menko Polhukam bersama Panglima TNI dan Kapolri kunjungi Pelabuhan Merak. (Foto: Kemenko Polhukam)

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto menegaskan pemerintah menjamin bahwa mudik tahun ini berjalan dengan aman dan nyaman.

“Pemerintah menjamin keamanan para pemudik mulai dari keberangkatan sampai ke tempat tujuan. Demikian juga mudik balik dari tujuan sampai ke tempat asalnya dengan aman dan nyaman,” ujar Menko Polhukam usai meninjau Pelabuhan Merak di Banten, (1/4/2024).

Pemerintah dan aparat, menurut Hadi, juga sudah memikirkan apabila terjadi up normal condition serta rencana tindakan kontingensi.

“Hari ini kita lakukan koordinasi, kita coba semuanya, sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik dan termasuk juga bagaimana pelayanan di pelabuhan,” kata Menko Hadi.

“Insyaa Allah untuk mudik tahun 2024 ini berjalan dengan aman. Di lapangan juga ada pasukan-pasukan gabungan dari TNI, Polri, Ormas, pramuka, semua siap untuk membantu kelancaran mudik tahun 2024,” sambungnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, berdasarkan hasil survei dari Kementerian Perhubungan RI bahwa ada peningkatan 65% terkait dengan yang akan melaksanakan mudik pada tahun ini dibandingkan tahun 2023.

Oleh karenanya, kepada semua pemudik diimbau agar mudiknya bisa berjalan aman dan lancar, apabila tidak ada kegiatan bisa melaksanakan mudik lebih awal dan lebih cepat.

“Khusus untuk wilayah ASDP sendiri tentunya sudah ditingkatkan terkait dengan kesiapan menghadapi lonjakan arus mudik.”

“Tentunya di puncak arus mudik bisa mengatur waktu untuk menghindari puncak-puncak arus mudik, yang biasa melaksanakan kegiatan di malam hari bisa bergeser ke siang hari,” katanya.

Terkait keamanan, apabila masyarakat merasa di dalam perjalanannya khawatir di wilayah tertentu ada kejahatan, maka silahkan melapor ke pos-pos terdekat dan akan dilakukan pengawalan.

Listyo mengatakan jalur arteri saat ini sedang dilakukan perbaikan-perbaikan, termasuk penerangan jalan yang potensial sering terjadi kecelakaan. Selain itu juga tentunya ditambahkan rambu-rambu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here