Home Mancanegara Jokowi Terbang ke Melbourne Hadiri KTT ASEAN-Australia

Jokowi Terbang ke Melbourne Hadiri KTT ASEAN-Australia

29
0
Wakil Presiden, Kapolri, dan Panglima TNI lepas keberangkatan Presiden Jokowi ke Australia. (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama delegasi terbatas bertolak ke Melbourne, Australia, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-Australia.

KTT yang diselenggarakan untuk merayakan 50 tahun kemitraan ASEAN dan Australia ini mengusung tema “A Partnership for the Future”.

“Membahas bagaimana kemitraan strategis komprehensif ASEAN-Australia dapat dioptimalkan ke depan guna mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai, stabil, dan makmur,” ujar Jokowi dalam keterangan pers sebelum keberangkatan, (4/3/2024).

Disampaikan Jokowi, dirinya akan memanfaatkan kesempatan ini untuk mendorong kerja sama di berbagai bidang, termasuk penguatan integrasi ekonomi, transisi energi, dan transformasi digital.

Selain itu, juga menekankan pentingnya kolaborasi dan penghormatan terhadap hukum internasional, termasuk dalam isu Palestina.

Selain menghadiri KTT ASEAN-Australia, Jokowi dijadwalkan mengadakan pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara lainnya, termasuk Perdana Menteri Australia, Selandia Baru, dan Kamboja.

Pertemuan ini diharapkan akan membuka lebih banyak peluang kerja sama antara Indonesia dan negara-negara tersebut dalam berbagai sektor.

Dalam KTT tersebut, para pemimpin juga akan merumuskan rencana aksi hubungan ASEAN-Australia dalam 18 tahun ke depan.

Menjawab pertanyaan wartawan, Jokowi menyebut bahwa banyak rencana aksi yang akan dilakukan, antara lain kerja sama dalam bidang kendaraan listrik.

“Banyak, jadi kerja sama di electric vehicle kita akan dorong agar kerja sama ini terjadi dan dilaksanakan secepatnya. Juga yang berkaitan dengan transformasi digital. Saya kira arahnya ke sana,” ungkapnya.

Presiden Jokowi dan rombongan bertolak dengan menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 10.15 WIB dan direncakan kembali ke Indonesia pada Rabu, 6 Maret 2024.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here