Home Olah Raga Kejuaraan Dunia F1 Powerboat Danau Toba Sukses, Menpora Sampaikan Apresiasi

Kejuaraan Dunia F1 Powerboat Danau Toba Sukses, Menpora Sampaikan Apresiasi

18
0
Menpora di atas podium bersama pemenang balap F1 Powerboat. (Foto: Bagus/Kemenpora)

Menpora Dito Ariotedjo yang hadir pada laga pamungkas Kejuaraan Dunia F1 Powerboat 2024 di Danau Toba, Sumatera Utara menyampaikan apresiasinya.

Menurut Menpora, keberhasilan penyelenggaraan untuk kedua kalinya ini bisa menjadi contoh sukses pagelaran sport tourism daerah lain di Indonesia.

Kejuaraan balap boat super cepat yang kedua kalinya di Danau Toba tahun 2024 dilaksanakan pada 2-3 Maret dan diikuti 18 pebalap dari lebih 10 negara.

“Saya sangat bersyukur, ini bisa saya katakan bisa menjadi contoh yang nantinya bisa diaplikasikan di berbagai daerah untuk kita kembangkan di daerah-daerah lain di Indonesia menjadi destinasi sport tourism kelas dunia,” kata Menpora Dito, Minggu (3/3/2024).

Dalam kesempatan ini Menpora Dito juga menyampaikan, pada bulan Mei 2024 mendatang akan ada lagi even kelas dunia yakni Trail Run di Kaldera, Danau Toba, Sumatera Utara.

“Pada Bulan Mei ini akan ada perhelatan kelas dunia Trail Run yang bertajuk Trail of The King. Even itu juga telah masuk dalam kalender UTMB. Sekali lagi Danau Toba mendapatkan kesempatan menjadi host even-even kelas dunia,” tuturnya.

Menurut Direktur Pemasaran Injourney Maya Watono, venue Danau Toba menjadi salah satu track tersulit di dunia karena berada di ketinggian hampir seribu meter di atas permukaan laut yang menjadi tantangan bagi para tim balap F1 Powerboat.

Dirinya merasa bangga kejuaraan kelas dunia kali kedua ini berjalan sukses dan lancar. “Tahun lalu ada beberapa kendala tapi dari itu kita belajar untuk menyelenggarakan di pagi hingga siang hari untuk racenya,” jelas Maya.

“Dampak ekonomi dari even ini tahun lalu mencapai Rp1,68 triliun. Semoga bisa lebih di tahun ini serta peningkatan wisatawan domestik dan internasional yang ada peningkatan lebih dari 20%,” tambah Maya.

Sementara, Direktur Pemasaran H2O Racing, Raimondo menyampaikan rasa bangga penyelenggaraan F1 Powerboat 2024 Danau Toba untuk yang kedua kalinya kembali berjalan lancar dan sukses.

“Saya bangga dengan penyelenggaraan even ini. Ini merupakan salah satu penyelenggaraan yang terbaik yang pernah saya alami hingga saat ini. Terima kasih banyak Indonesia, Danau Toba untuk pekerjaannya yang sangat baik,” ujar Raimondo.

Penyelenggaraan powerboat seri ini juga spesial, karena merupakan edisi ke-300 sejak diselenggarakan pada 1984 di 39 negara. Ia menekankan, pihaknya sangat mencintai Indonesia, khususnya Danau Toba, sehingga sudah menganggapnya sebagai rumah sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here