Home Nasional KPU Tinjau Kesiapan RSPAD Gatot Subroto untuk Pemeriksaan Kesehatan Capres-Cawapres

KPU Tinjau Kesiapan RSPAD Gatot Subroto untuk Pemeriksaan Kesehatan Capres-Cawapres

20
0

Ketua KPU Hasyim Asy’ari beserta anggota KPU Idham Holik, August Mellaz, Mochammad Afifuddin, Yulianto Sudrajat, Betty Epsilon Idroos, dan Parsadaan Harahap melakukan kunjungan ke RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka koordinasi persiapan pelaksanaan tes kesehatan bapaslon capres dan cawapres. Kedatangan Ketua KPU diterima oleh Kepala RSPAD Letnan Jenderal TNI dr. A. Budi Sulistya di Medical Check-Up RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, (18/10/2023).

Hasyim Asy’ari menyampaikan bahwa tim pemeriksa RSPAD sudah menyiapkan protokol untuk urut-urutan pemeriksaan.

Selanjutnya Hasyim menjelaskan jadwal pemeriksaan kesehatan, jika hari Kamis, 19 Oktober 2023 atau hari pertama pendaftaran bapaslon capres dan cawapres mendaftarkan ke KPU, maka kesempatan pemeriksaan kesehatan mulai dilakukan pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023.

Kemudian pada hari berikutnya untuk yang mendaftar berikutnya, bergiliran menyesuaikan urutan pendaftaran. Jadi pasangan Anies-Muhaimin bakal menjalani pemeriksaan kesehatan pada Sabtu, (21/10/2023) dan pasangan Ganjar-Mahfud pada Ahad, (22/10/2023).

Pemeriksaan kesehatan pasangan capres-cawapres yang akan mengikuti kontestasi Pemilu 2024 merupakan salah satu syarat yang harus dilakukan pasangan capres-cawapres untuk mengetahui kondisi kesehatan calon.

Pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan pasangan capres-cawapres meliputi kesehatan fisik, jiwa sehingga pemeriksaan narkoba.

Hal tersebut berdasarkan Keputusan KPU No.1374 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden dalam Pemilu Tahun 2024.

Dalam keputusan tersebut dijelaskan, “Pemeriksaan Kesehatan dilakukan untuk menilai status Kesehatan bakal calon Presiden dan bakal calon Wakil Presiden serta mengidentifikasi kemungkinan adanya ketidakmampuan secara medis yang dapat mengganggu kemampuan menjalankan tugas dan kewajibannya.”

Daftar Pemeriksaan Kesehatan Capres-Cawapres:

1. Anamnesis dan analisis riwayat Kesehatan

2. Pemeriksaan jiwa, meliputi: pemeriksaan Kesehatan jiwa (psikiatrik), pemeriksaan kondisi psikologis, dan pemeriksaan status penggunaan narkotika.

3. Pemeriksaan Fisik, meliputi: penyakit dalam, jantung dan pembuluh darah, paru, bedah, urologi, ortopedi, obstetri ginekologi, neurologi dan fungsi luhur, mata, telinga hidung dan tenggorok, kepala leher, dan gigi dan mulut.

4. Pemeriksaan penunjang wajib: pemeriksaan laboratorium meliputi darah dan urin, petanda tumor atas indikasi, dan papsmear sitologi (bagi calon perempuan).

5. Pemeriksaan Penunjang Lainnya, meliputi: Ultrasonografi abdomen, Elektrokardiografi dan Treadmill Test, Ekokardiografi, Foto Roentgen Thoraks, Spirometri, Audiometri nada murni, USG transvaginal (bagi calon perempuan), NonContact Tonometri, Opthalmoscope direct/indirect, Refracting unit, Foto Fundus Camera, MRI kepala tanpa kontras, dan Nerve conduction velocity (NCV).

6. Pemeriksaan penunjang: Pemeriksaan penunjang dilakukan atas indikasi sesuai dengan kebutuhan atas pertimbangan dokter pemeriksa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here