Home Edukasi Presiden Jokowi Apresiasi Kerja Sama Bidang Pendidikan Australia dan Indonesia

Presiden Jokowi Apresiasi Kerja Sama Bidang Pendidikan Australia dan Indonesia

35
0
Presiden Joko Widodo bersama Stafsus Bidang Pendidikan dan Inovasi Billy Mambrasar

Duta Besar Australia untuk Indonesia H.E. Penny Williams bersama Staf Khusus Presiden RI Bidang Inovasi dan Pendidikan Billy Mambrasar menjajaki peluang kolaborasi untuk meningkatkan pembangunan sumber daya manusia di negara masing-masing.
 

Pertemuan kedua negara ini dimulai dengan diskusi mengenai peran penting pendidikan dalam mendorong perkembangan Indonesia kedepannya. Serta mempertimbangkan hubungan simbiosis antara pendidikan dan kemajuan.

Hal itu mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo mengenai kerja sama pendidikan antara Indonesia dan Australia. Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar menyebut, saat ini banyak kerja sama yang terjalin antara RI dan Australia di bidang pembangunan manusia.

“Bapak Presiden juga mengapresiasi kerja sama Australia dan Indonesia di bidang Pendidikan, dan pembangunan manusia melalui proyek-proyek yang sedang berjalan seperti Inovasi, Prisma, Skala, dan masih banyak lagi,” kata Billy dalam keterangannya, Rabu (28/2).

Dalam pertemuan itu, Billy Mambrasar membagikan pengalamannya sebagai alumni Australia sekaligus penerima penghargaan Australia Awards pada 2013.

Menurut Billy, dialog ini melambangkan semangat kerja sama antar kedua negara yang berkomitmen untuk memajukan kemakmuran dan kesejahteraan penduduknya.

“Yang Mulia Ibu Penny, dalam kesempatan ini saya hendak mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Australia atas dukungan yang tiada henti kepada Indonesia melalui berbagai cara dan pendekatan,” ucapnya.

Dirinya menuturkan, hubungan diplomatik Indonesia-Australia sudah terjalin sejak tahun 1949. Dia pun mengatakan, Presiden Jokowi mempercayakan dirinya untuk mempercepat peningkatan kualitas pendidikan dan inovasi di Indonesia, termasuk di wilayah terluar.

“Oleh karena itu, atas nama Presiden RI, saya menyampaikan terima kasih kepada Yang Mulia Ibu Penny William atas perhatian khusus yang diberikan kepada Papua, seperti yang ditunjukkan melalui kehadiran Anda di sini hari ini,” kata Billy yang merupakan lulusan Australian National University (ANU) pada 2014 dengan gelar Master of Business Administration (MBA), Rabu, 28 Februari 2024.

Billy pun mengungkapkan kegembiraannya terhadap Proyek Inovasi yang akan datang dan meminta Duta Besar Penny Williams untuk mempercepat prosesnya dan juga menjalin kemitraan dengan LSM lokal di bidang pendidikan sebagai bentuk transfer ilmu pengetahuan dari Australia ke Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here