Home Nasional Ganjar Bertemu Erick Thohir Empat Mata, Bakal Duet Pilpres 2024?

Ganjar Bertemu Erick Thohir Empat Mata, Bakal Duet Pilpres 2024?

50
0

Berjumpanya dua tokoh nasional Menteri BUMN Erick Thohir dengan Gubernur Jawa Tengah, sekaligus bakal calon presiden (bacapres) 2024 dari PDI-P Ganjar Pranowo di rumah perwakilan Jawa Tengah di Jakarta pada Rabu, (5/7/2023).

Lantas, apakah pertemuan empat mata tersebut apakah ada kaitannya dengan isu duet Ganjar Pranowo-Erick Thohir di Pilpres 2024 mendatang?

Dalam pertemuan itu, Erick dan Ganjar terlihat begitu akrab. Erick tampak membawa kantong bingkisan di dalam plastik berwarna merah dan memberikannya ke Ganjar.

Selain itu, tak ada situasi canggung di antara keduanya layaknya dua orang yang sudah saling mengenal satu sama lain.

Diketahui, Ganjar sedang berada di Jakarta untuk menerima undangan Syukuran HUT PP Polri ke-24. Sebelumnya, Ganjar baru saja pulang ke tanah air usai menjalankan ibadah haji.

Dedi Kurnia Syah selaku Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) menilai potensi duet antara Ganjar dan Erick sudah lama diwacanakan.

“Bahkan sukarelawan keduanya sudah terbentuk, pertemuan ini tentu saja dimungkinkan hasil instruksi Presiden (Joko Widodo) untuk melakukan konsolidasi, secara umum pasangan Ganjar dan Erick cukup mendapat respons (masyarakat),” ujarnya.

Dedi menilai duet Ganjar dan Erick sangat mungkin terjadi. Itu karena, PDIP sebagai pengusung Ganjar tidak perlu koalisi untuk mendorong capres dan cawapres.

“Jika membaca peluang PDIP yang tidak memerlukan koalisi, maka memasangkan Ganjar dan Erick cukup mudah,” kata dia.

Dia menyebut saat ini yang cukup berat adalah dorongan dari PPP yang menyodorkan Sandiaga Uno sebagai pendamping Ganjar.

“PPP sendiri masih kental nuansa tawarkan Sandiaga. Sementara Sandi dan Erick memiliki kesamaan modal, baik elektabilitas maupun logistik,” ujar Dedi.

Dia juga menilai pertemuan antara Ganjar dan Erick memiliki kaitan erat dan hasil simulasi terhadap keduanya yang jika disandingkan, mendapat dukungan yang tinggi.

“Sangat mungkin itu implikasi tindak lanjut dari hasil survei, tidak saja (survei) IPO, beberapa lembaga lain juga menemukan elektabilitas Erick cukup tinggi saat disandingkan dengan Ganjar,” kata dia.

Hal serupa juga disampaikan Saidiman Ahmad selaku peneliti dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). “SMRC punya survei Mei 2023. Di survei itu kami tanya siapa tokoh yang paling baik mendampingi Ganjar. Nama Erick Thohir dan Sandiaga Uno disebut paling banyak,” katanya.

Dia pun menilai pertemuan antara Ganjar dan Erick sangat wajar. Apalagi publik menginginkan Ganjar yang saat ini menjabat Gubernur Jawa Tengah untuk melanjutkan pemerintahan Presiden Jokowi.

“Saya kira itu wajar karena umumnya publik menilai Ganjar sebagai pelanjut pemerintahan Jokowi. Kalau sekarang publik menginginkan pendamping Ganjar adalah menteri yang selama ini mendukung dan menjalankan program pemerintah seperti Erick, itu sangat wajar,” ujar Saidiman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here