Home Nasional Nama Erick Thohir Semakin Kuat sebagai Cawapres Hasil Survei Poltracking Indonesia

Nama Erick Thohir Semakin Kuat sebagai Cawapres Hasil Survei Poltracking Indonesia

12
0

Nama Erick Thohir semakin moncer dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) menjelang pemilihan presiden dan wakil presiden 2024.

Setelah sebelumnya lembaga survei Indikator menempatkan nama Erick Thohir sebagai nama yang populer sebagai cawapres di wilayah Provinsi Jawa Timur, kini giliran lembaga survei Poltracking Indonesia yang mendapati nama Erick Thohir sebagai cawapres terkuat.

Poltracking Indonesia melakukan survei secara nasional pada periode 3-9 September 2023. Survei tersebut menggunakan metode multistage random sampling terhadap 1.220 responden yang telah memiliki hak pilih.

Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi mengatakan, survei tersebut memiliki margin of error sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Lebih lanjut Arya Budi mengungkapkan, Erick selalu berada dalam posisi teratas dalam simulasi 11 nama dan 10 nama cawapres.

Arya menyebutkan Erick Thohir memiliki selisih suara responden yang cukup jauh dengan nama-nama lainnya.

“Ridwan Kamil (RK) sempat menguat tapi (turun) karena dinamika politik yang disampaikan pimpinan partai kalau RK masih Golkar. Yang krusial, praktis Erick masih bertahan yang tertinggi,” ujar Arya di Jakarta, dikutip Republika, (7/10/2023).

Arya menjelaskan, dari simulasi 11 nama cawapres, tercatat nama Erick Thohir berada di posisi pertama dengan perolehan angka 18,6 persen.

Angka itu, menurut Arya, terpaut cukup signifikan dari Sandiaga Salahuddin Uno yang bertengger di posisi kedua dengan persentase sebesar 15,7 persen, disusul Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 10,2 persen. Sementara nama-nama lainnya berada di bawah 10 persen.

Sementara dalam simulasi 10 nama tanpa Gibran Rakabuming Raka, menurut Arya, Erick Thohir kian dominan dengan torehan 19,0 persen.

Angka itu disusul Sandiaga yang memperoleh 15,7 persen, Ridwan Kamil dengan 12,4 persen, dan AHY sebesar 10,2 persen. Nama lain seperti Cak Imin, Mahfud MD, hingga Khofifah tak lebih dari 10 persen.

“Kalau kita cek secara tren dari survei pada Oktober 2021 sampai September 2023, Erick Thohir trennya cenderung naik. Ridwan Kamil dan Khofifah cenderung mengalami penurunan,” ucap Arya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here