Home Daerah Banjir Bandang Terjang OKU Selatan, Satu Orang Meninggal Ratusan Warga Mengungsi

Banjir Bandang Terjang OKU Selatan, Satu Orang Meninggal Ratusan Warga Mengungsi

52
0

Peristiwa bencana banjir bandang yang menerjang wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, (5/7/2023), menyebabkan satu orang warga meninggal dunia.

Selain satu orang warga yang meninggal, sebanyak 202 KK/457 jiwa turut terdampak atas bencana ini.

Kasie Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Selatan, Heri Pramono dalam keterangan tertulis menyatakan bahwa korban meninggal dunia itu langsung dimakamkan pada hari yang sama. Sedangkan beberapa warga yang sebelumnya sempat mengungsi telah kembali ke rumah masing-masing.

“Korban meninggal sudah dimakamkan saat itu juga. Untuk pengungsian saat ini sudah kembali ke rumah masing-masing” jelas Heri, Kamis (6/7/2023).

Laporan yang diterima Pusdalops Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dari BPBD OKU Selatan, peristiwa banjir bandang itu terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah tersebut dalam durasi yang cukup lama dan memicu luapan sungai Saka dan sungai Selabung.

Menurut data sementara, banjir bandang telah berdampak di 10 desa/kelurahan yang tersebar di 6 kecamatan di OKU Selatan.

Sementara itu, BPBD OKU Selatan juga melaporkan kerugian materil meliputi 2 rumah hanyut, 2 jembatan hanyut dan sebanyak 202 rumah warga terendam banjir dengan tinggi muka air (TMA) 60 cm. Selain itu, lahan pertanian seluas 4 hektar juga terendam banjir.

Laporan terakhir yang diterima Pusdalops BNPB pada Rabu (5/7/2023) pukul 22.46 WIB, banjir terpantau berangsur surut di Kecamatan Muaradua Tangsi. Namun, di wilayah Kecamatan Kisam Tinggi, debit air masih cukup tinggi.

Adapun sinyal telekomunikasi di dua wilayah tersebut juga mengalami gangguan sehingga proses kaji cepat dan pelaporan data serta informasi turut terkendala.

Sebagai upaya penanganan darurat, BPBD OKU Selatan melakukan koordinasi dengan lintas instansi terkait termasuk aparatur desa. BPBD OKU Selatan juga telah mendirikan posko utama di halaman Polsek Kecamatan Muaradua.

Bantuan berupa logistik dan peralatan juga telah didistribusikan kepada warga terdampak. Bupati OKU Selatan juga turut hadir ke lokasi memberikan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

“Pemberian bantuan dari Gubernur Sumatera Selatan disampaikan langsung oleh Bupati OKU Selatan,” jelas Heri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here