Home Nasional Apeksi Tantang Ganjar, Prabowo, dan Anies Sampaikan Gagasan

Apeksi Tantang Ganjar, Prabowo, dan Anies Sampaikan Gagasan

16
0

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, 10-14 Juli 2023.

Salah satu agenda Rakernas adalah mengundang para tokoh nasional untuk didengar gagasannya dan mendengarkan gagasan dari para Wali Kota se-Indonesia.

Tiga tokoh nasional yang masuk bursa Capres 2024 yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan, direncanakan menyampaikan gagasan di hadapan wali kota se-Indonesia.

Ketiganya akan menyampaikan gagasan di Rakernas XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, 10-14 Juli 2023.

Ketua APEKSI yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya membenarkan hal tersebut. “Insya Allah besok (Kamis, 13 Juli 2023) akan hadir tiga sosok pemimpin nasional,” ucapnya.

“Ada Menhan Pak Prabowo, ada Gubernur Jateng Mas Ganjar, dan satu lagi masih menunggu konfirmasi tapi kemungkinan besar Mas Anies juga akan hadir untuk menyampaikan gagasan dan mendengar gagasan para wali kota se-Indonesia terkait tiga pesan yang APEKSI akan sampaikan,” kata Bima Arya.

Tiga pesan yang dimaksud Bima Arya yakni pertama adalah konsistensi APEKSI untuk mengawal otonomi.

“Ada aspirasi dari para wali kota untuk reformasi lagi terkait dengan sistem pendidikan, evaluasi mendasar sistem zonasi PPDB, penganggaran dalam mandatory spending yang perlu dihitung kembali karena membebani daerah, kewenangan pusat dan daerah, dan hal-hal lain,” ujar Bima.

Pesan kedua, lanjutnya, soal menjemput target-target Indonesia Emas 2045. Sebab, masa depan Indonesia Emas 2045 sangat ditentukan sekarang.

“Ketiga, kita juga fokus di tahun politik ini jangan sampai pembangunan terhenti. Kita memasuki masa transisi kepemimpinan. Tapi perencanaan dan pembangunan harus terus berlanjut,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto atau Danny Pomanto menyatakan Rakernas APEKSI tahun ini sangat bersejarah.

“Alhamdulillah teman-teman APEKSI di bawah kepemimpinan Kang Bima berhasil mengundang calon pemimpin bangsa untuk berdiskusi di forum yang terhormat ini, untuk bisa menerima gagasan-gagasan dari seluruh kota di Indonesia. Saya kira, ini sejarah.

Sebelum selesai para wali kota menunaikan tugas, masih bisa berbuat untuk bangsa dan negara dengan gagasan dari masing-masing kota yang ada,” kata Danny Pomanto.

Rakernas XVI APEKSI dibuka oleh Sekjen Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro yang mewakili Mendagri dan Presiden. Hadir pula Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Direktur Eksekutif APEKSI Alwis Rustam, para perencana kota dan undangan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here