Home Nasional Presiden Jokowi Tinjau Langsung Gladi Pelaksanaan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Presiden Jokowi Tinjau Langsung Gladi Pelaksanaan KTT ASEAN di Labuan Bajo

31
0

Presiden Jokowi meninjau gladi pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 pada hari kedua kunjungan kerjanya di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, (8/5/2023).

Mengawali agendanya, Presiden Jokowi akan meninjau gladi ketibaan para pemimpin ASEAN di lobi Hotel Meruorah. Setelahnya, dilanjutkan dengan gladi sesi foto tiap pemimpin ASEAN dengan Presiden Jokowi hingga gladi foto bersama.

Selepas itu, Presiden Jokowi direncanakan akan menuju Komodo Ballroom, Meruorah Convention Center, untuk meninjau tempat acara puncak KTT ASEAN ke-42. Kepala Negara juga akan melihat tempat untuk jamuan santap siang para pemimpin ASEAN.

Agenda hari kedua kemudian akan ditutup dengan peninjauan gladi jamuan santap malam para pemimpin ASEAN yang akan digelar di Ayana Komodo Waecicu Beach pada malam hari.

Sementara itu, Ibu Iriana juga diagendakan untuk melakukan peninjauan gladi acara para pendamping pemimpin ASEAN.

KTT ASEAN ke-42 akan digelar pada 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. Indonesia sebagai Ketua ASEAN tahun ini akan menggelar KTT dengan agenda 8 pertemuan dalam dua hari pelaksanaan KTT.

Menlu Retno Marsudi menyebut bahwa Presiden Jokowi akan memimpin langsung 7 dari 8 pertemuan tersebut, di antaranya pertemuan dengan parlemen, pemuda, bisnis, hingga Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Dari delapan pertemuan tersebut, lima pertemuan akan digelar di hari pertama, sedangkan tiga pertemuan lainnya digelar di hari kedua.

“Di hari pertama semua pertemuan akan dipimpin oleh Bapak Presiden, sementara di hari kedua, tiga pertemuan, dua diantaranya dipimpin oleh Bapak Presiden, sementara satu pertemuan lainnya secara rotasi saat ini memang akan dipimpin oleh Perdana Menteri Malaysia,” ungkap Retno usai ratas dengan Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, (27/4/2023).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here