Home Daerah Kepala BNPB Tinjau Pembangunan Rumah Tahan Gempa di Cianjur

Kepala BNPB Tinjau Pembangunan Rumah Tahan Gempa di Cianjur

38
0

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto meninjau beberapa lokasi pembangunan rumah terdampak gempa di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat,

Pada kesempatan tersebut, rombongan menggunakan motor untuk meninjau lokasi yang sulit diakses menggunakan mobil. Adapun lokasi pertama yaitu Kp. Cibeleng Hilir, Desa Cikancana, Kecamatan Gekbrong.

Di lokasi ini Suharyanto melihat progres pembangunan rumah tahan gempa bagi warga terdampak gempa beberapa waktu lalu.

“Di sini banyak rumah yang sudah selesai dibangun oleh pemerintah dan swadaya oleh pemilik rumahnya” ujar Suharyanto, (23/5/2023).

“Warga diperbolehkan juga membangun rumah dengan pengerjaan sendiri melalui dana stimulan yang telah diberikan pemerintah, dengan tetap memerhatikan standar tahan gempa,” lanjutnya.

Selanjutnya Suharyanto meninjau Desa Padaluyu Kecamatan Cugenang untuk berbincang dengan masyarakat dan perangkat Desa tentang dana stimulan bagi masyarakat.

“Dana stimulan ini untuk pembangunan rumah, jangan untuk memenuhi kebutuhan lain, tujuannya masyarakat dapat kembali pulang ke rumah yang lebih aman,” pungkasnya.

Suharyanto juga menyempatkan diri menuju tempat pembuatan panel dinding tahan gempa yang digunakan untuk membangun rumah-rumah di Cianjur.

Sebagaimana diketahui pada 21 November 2022 gempa bumi berkekuatan 5,6 Magnitudo terjadi di wilayah Cianjur, Jawa Barat. Gempa tersebut juga bisa dirasakan sampai ke wilayah Jabodetabek, Bandung, dan wilayah pulau di sekitarnya.

Setidaknya ada 169 desa yang terdampak dari peristiwa tersebut, 56.548 rumah dinyatakan rusak dengan 13.633 diantaranya dinyatakan rusak berat. Sementara korban jiwa mencapai ratusan orang. Diketahui, sumber dari gempa tersebut berpusat dari sesar Cugenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here