Home Mancanegara Presiden Jokowi Menerima Kunjungan Perdana Kaisar Jepang di Istana Bogor

Presiden Jokowi Menerima Kunjungan Perdana Kaisar Jepang di Istana Bogor

35
0

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, (19/6/2023).

Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Kaisar Naruhito ke Indonesia sejak naik tahta menjadi Kaisar Jepang pada 1 Mei 2019.

Iring-iringan kendaraan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako tiba di pintu gerbang Istana Bogor sekitar pukul 10.00 WIB dengan diiringi pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kemudian menyambut keduanya saat turun dari mobil dan langsung bersalaman.

Selanjutnya, setelah menjalani serangkaian acara, Presiden Jokowi dan Kaisar Jepang melakukan pernyataan pers bersama yang kemudian dilanjutkan dengan pertemuan empat mata.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kunjungan tersebut dapat memperkokoh fondasi persahabatan antara masyarakat Indonesia dan Jepang.

“Saya merasa sangat-sangat terhormat karena Indonesia menjadi kunjungan pertama kunjungan kenegaraan bilateral Kaisar Jepang ke luar negeri,” ujar Presiden Jokowi.

“Kunjungan Sri Baginda Kaisar beserta Sri Baginda Permaisuri ke Indonesia makin memperkokoh fondasi persahabatan di antara masyarakat kita,” ucapnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa fondasi yang kokoh sangat diperlukan bagi pengembangan kemitraan strategis kedua negara di situasi dunia saat ini. Presiden pun berharap kunjungan Kaisar Naruhito dan Permaisuri mampu memberikan kesan baik bagi persahabatan kedua negara.

“Sri Baginda, persahabatan antarmasyarakat, antarnegara, antara Jepang dan Indonesia penting untuk terus disemai di tengah berbagai tantangan yang dialami dunia saat ini,” tutur Presiden Jokowi.

Sementara itu, Kaisar Jepang Naruhito menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dan keramahan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana yang telah mengajaknya ke Kebun Raya Bogor. Kaisar Naruhito berharap pertukaran generasi muda Indonesia-Jepang akan makin memperkokoh persahabatan kedua negara.

“Saya sangat berharap bahwa pertukaran antara generasi muda kedua negara akan makin mengembangkan persahabatan antara kedua negara,” ucap Kaisar Naruhito.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here