Home Nasional Simak, Perjuangan Awak Kapal Selam Alugoro 405 Menjalankan Tugas di Bulan Ramadhan

Simak, Perjuangan Awak Kapal Selam Alugoro 405 Menjalankan Tugas di Bulan Ramadhan

35
0

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) belum lama ini merilis video pendek mengenai kisah awak kapal selam KRI Alugoro 405 dalam menjalankan tugas selama Ramadhan.

Video berjudul “Ramadhan di Kedalaman Laut” ini berdurasi 4 menit 31 detik dan mengisahkan tentang perjalanan awak kapal selam KRI Alugoro 405 dalam menjalankan tugasnya sembari menunaikan ibadah puasa Ramadhan.

Sebelum menjalankan tugasnya, dilakukan apel kesiapan di atas kapal selam. Dalam apel singkat tersebut Komandan KRI Alugoro 405 memaparkan tugas operasi yang akan dilaksanakan.

Bagi awak kapal selam yang beragama Islam, tugas operasi bersama KRI Alugoro 405 kali ini tidaklah mudah karena mereka juga sedang menjalankan puasa Ramadhan.

Meski berpuasa, para awak kapal selam tetap menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai awak kapal selam dengan baik.

Saat istirahat, para awak kapal selam memanfaatkannya dengan sebaik mungkin; ada yang bermain gitar, menghubungi keluarga, atau bersantai sejenak melepas lelah.

Ruang kapal selam yang terbatas tidak menghalangi gerak gerik awak kapal selam dalam bertugas, termasuk juga saat berbuka puasa dan sholat berjamaah.

Saat berbuka puasa, dijalani dengan sederhana dan tanpa sajian makan minum yang berlimpah. Pun demikian saat sholat maghrib berjamaah di ruang kapal selam yang berukuran terbatas.

Jika melihat video singkat ini kita akan diajak merenungi tentang betapa berat tugas dan tanggung jawab awak kapal selam dalam menjaga kedaulatan laut NKRI.

Meski begitu, dengan segala kemampuan yang ada, mereka tetap semangat bertugas dan menunaikan kewajibannya mengabdi kepada nusa dan bangsa. Jalesveva Jayamahe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here