Home Nasional Kunjungi Pelabuhan Merak, Presiden Jokowi Cek Kesiapan Mudik 2023

Kunjungi Pelabuhan Merak, Presiden Jokowi Cek Kesiapan Mudik 2023

17
0

Tahun ini diperkirakan arus mudik Lebaran akan mengalami peningkatan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Diperkirakan jumlah pemudik akan meningkat dari 86 juta ke 123 juta orang.

Mengantisipasi lonjakan pemudik, Presiden Jokowi meninjau langsung kesiapan Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, (11/4/2023).

Presiden ingin memastikan bahwa kesiapan dan desain besar perencanaan arus mudik pada tahun ini dapat berjalan dengan baik.

“Jadi mengacu kepada masalah yang terjadi pada arus mudik pada tahun yang lalu, utamanya di jalan tol dan juga di Pelabuhan Merak, saya hadir di sini untuk memastikan bahwa persiapan-persiapan, desain perencanaan itu betul-betul sudah pada posisi yang siap,” ujar Presiden dalam keterangannya.

Presiden meminta seluruh jajarannya untuk menghitung secara detail perencanaan arus mudik tahun ini yang diperkirakan meningkat dari 86 juta ke 123 juta.

Presiden berharap problem yang terjadi pada mudik tahun lalu seperti kemacetan di ruas Cikuasa Atas dan Cikuasa Bawah tidak terjadi lagi pada tahun ini.

Presiden Jokowi mengapresiasi sejumlah upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan di Pelabuhan Merak, antara lain dengan penambahan pelabuhan dermaga di Pelabuhan Bojonegara (PT BBJ) dan Pelabuhan Ciwandan.

Dengan adanya penambahan dua dermaga tersebut, kapasitas penumpang bisa bertambah dari 34 ribu menjadi 49 ribu. Selain itu juga adanya pengaturan khusus untuk jenis kendaraan yang diangkut sehingga lebih tertib dan terarah.

“Kemudian manajemen di lapangannya diatur, pelabuhan yang khusus untuk sepeda motor, pelabuhan yang khusus untuk mobil dan kendaraan kecil dan bus, pelabuhan yang khusus untuk kendaraan berat, sudah dipisah-pisah. Ini juga sangat bagus,” imbuhnya.

Di samping itu, Presiden Jokowi pun mengimbau seluruh pemudik yang ingin menyeberang lewat Pelabuhan Merak untuk memesan tiket terlebih dahulu melalui e-ticketing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here