Home Mancanegara Pertemuan Menlu G20, Retno Marsudi Soroti Isu Kemanusiaan dan Penanganan Bencana

Pertemuan Menlu G20, Retno Marsudi Soroti Isu Kemanusiaan dan Penanganan Bencana

25
0

Dalam pertemuan para menteri luar negeri G20 di New Delhi, India, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyoroti dua isu terkait masalah kemanusiaan dan penanganan bencana.

Menlu Retno menyampaikan bahwa perang dan konflik selalu membawa kesengsaraan bagi umat manusia, mulai dari Myanmar, Afghanistan, Palestina, hingga Ukraina.

Dalam kaitan dengan kemanusiaan, Menlu Retno mengingatkan bahwa sebagian negara telah abai dan mengadopsi standar ganda terhadap masalah kemanusiaan di Palestina.

‚ÄúPada saat pembukaan Pertemuan Dewan HAM di Jenewa beberapa hari lalu, tidak ada satu pun pembicara menyinggung masalah Palestina,” kata Retno di India, (2/3/2023). Ketidakadilan ini, menurut Retno harus segera diakhiri.

Baca Juga: Misi Astronot Perempuan Pertama Arab Saudi Menuju Luar Angkasa

Terkait penanganan bencana, Retno menyampaikan dua hal. Pertama, pentingnya memperkuat aspek pencegahan dan kesiapsiagaan. Mencegah terjadinya bencana akan menyelamatkan nyawa dan ekonomi.

Investasi di bidang sains, teknologi, dan inovasi sangat penting. Demikian pula dengan pendekatan komprehensif yang melibatkan pemangku kepentingan secara luas.

Presidensi G20 Indonesia tahun lalu telah mengambil inisiatif dengan meluncurkan Pandemic Fund. Praktek ini dapat diperluas ke area kerja sama yang lain.

Kedua, perlunya mendorong ketahanan yang lebih kuat agar dapat menghadapi external shock.

Menurut Retno, G20 harus mencari cara untuk membantu negara-negara memperluas proteksi sosial, menjaga stabilitas ekonomi, dan memperkuat upaya mengatasi perubahan iklim.

G20 juga harus mendorong implementasi komitmen internasional di bidang pengurangan risiko bencana dan perubahan iklim, termasuk Agenda 2030, Paris Agreement, dan Sendai Framework.

Baca Juga: Menko Polhukam: Hindari Politik Praktis di Masjid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here