Home Daerah 10 Objek Wisata Pemandian Air Panas di Jateng yang Cocok untuk Memanjakan...

10 Objek Wisata Pemandian Air Panas di Jateng yang Cocok untuk Memanjakan Tubuh

209
0

Saatnya setelah melakukan banyak hal dengan rutinitas yang menyita kesibukan sehari-hari yang sangat padat dan melelahkan, kamu butuh waktu sejenak untuk memanjakan tubuh dan merileksasi kembali otot-ototmu deh. Bagaimana dengan mencoba berendam di pemandian air panas?

Sangat beruntung, Provinsi Jawa Tengah diberkahi dengan adanya objek wisata alam seperti pegunungan dan sejumlah pemandian air panas yang ampuh untuk membuat tubuhmu kembali segar, lho. Tidak hanya tubuh saja yang akan terasa lebih enteng, melainkan pikiran dan perasaanmu akan tambah fresh dan hepi!

Ada banyak hal seru yang bisa Anda lakukan ketika berlibur di Jawa Tengah, Anda juga bisa mencoba suasana liburan baru dengan berkunjung ke pemandian air panas.  Pada umumnya pemandian air panas di Jawa Tengah berada di dataran tinggi, sehingga memiliki pemandangan yang cantik.

Makin lengkap lagi dengan kandungan belerang di dalamnya yang dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kulit dan gangguan penyakit lain. Soal harga, nggak perlu khawatir karena pastinya murah meriah.

Objek Wisata Pemandian Air Panas di Jawa Tengah

Berwisata ke pemandian air panas di Jawa Tengah juga bisa menjadi cara menyenangkan untuk relaksasi sekaligus liburan setelah sehari-hari dipenuhi dengan aktivitas yang padat. Berendam di kolam air panas dipercaya ampuh untuk mengurangi stres. Selain itu, pemandian air panas yang mengandung belerang dipercaya bisa mengobati penyakit kulit.

Tertarik untuk mencobanya? Simak rekomendasi pemandian air panas di Jawa Tengah yang menarik untuk dikunjungi.

1. Pemandian Air Panas Guci Tegal

Pemandian air panas Guci Tegal sudah cukup populer bagi masyarakat. Lokasinya berada tepat di lereng Gunung Slamet pada ketinggian antara 1.050 m – 1.250 m dpl. Air panas dalam pemandian Guci Tegal ini berasal dari sumber air panas yang berasal dari perut bumi. Air panas di pemandian ini kaya akan mineral sehingga tidak bau, warnanya jernih dan berkhasiat untuk kesehatan. Selain kolam pemandian terbuka, di pemandian air panas Guci Tegal ini juga terdapat pemandian yang tertutup.

Lokasi  : Objek Wisata Guci, Kalengan, Guci, Bumijawa, Tegal

Tiket Masuk : Rp 10.000 – Rp 25.000

Jam Buka : 07.00 – 20.00 WIB

2. Pemandian Air Panas Candi Umbul

Kolam pemandian ini berada di kawasan Candi Umbul yang terletak di Grabag, Magelang. Candi Umbul merupakan situs purbakala peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Di kawasan Candi Umbul ini terdapat dua jenis kolam pemandian. Kolam pertama menawarkan air panas yang mengandung belerang, sedangkan kolam yang kedua berisi air dingin. Uniknya, seluruh kolam dilapisi dinding dari batu andesit. Pemandian air panas Candi Umbul dipercaya merupakan tempat pemandian para keluarga bangsawan.

Lokasi  : Desa Kartoharjo, Grabag, Magelang

Tiket Masuk : Mulai dari Rp 6.000

Jam Buka : 06.00 – 18.00 WIB

3. Pemandian Air Panas Sangubanyu

Jika Anda berkunjung ke Batang, jangan lupa untuk menyempatkan diri datang ke pemandian air panas Sangubanyu. Pemandian ini berjarak sekitar 50 km selatan ibu kota Kabupaten Batang. Sumber mata air hangatnya berasal dari sekitar batuan di sungai yang menjadi perbatasan Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal. Selain pemandian, di sini juga terdapat kebun binatang mini dan wahana permainan.

Lokasi  : Pesanggrahan, Sangubangu, Bawang

Tiket Masuk : Rp 3.000

Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB

4. Pemandian Air Panas Bayanan

Objek wisata ini terletak di Kabupaten Sragen. Air panas di pemandian Bayanan mengandung belerang yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal. Selain itu, air panasnya juga diyakini bisa memulihkan kebugaran tubuh, menghilangkan Lelah dan membuat awet muda. Terdapat juga fasilitas lain seperti taman bermain, hutan wisata dan kolam renang.

Lokasi  : Desa Bayanan, Jambeyan, Sambirejo, Sragen

Tiket Masuk : Rp 5.000

Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB

5. Taman Rekreasi Kalianget

Wonosobo memang dikenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, wonosobo juga memiliki banyak tempat wisata menarik salah satunya Taman Rekreasi Kalianget. Di sini Anda bisa menemukan pemandian air hangat yang berasal dari mata air panas alami. Letaknya yang tak jauh dari pusat kota Wonosobo membuat Taman Rekreasi Kalianget menjadi pilihan masyarakat untuk mengisi waktu liburan yang seru.

Lokasi  :  Jl. Dieng No.114, Kalianget, Wonosobo

Tiket Masuk : Rp 3.000 – Rp 7.000

Jam Buka : 07.30 – 17.00 WIB

6. Pemandian Air Panas Krakal

Daerah selatan Jawa Tengah juga memiliki pemandian air panas yang menarik untuk dikunjungi, yakni pemandian Krakal. Pemandian air panas ini letaknya sekitar 11 km timur laut dari Kebumen. Pemandian air panas berada Krakal kawasan dataran di kaki Pegunungan Serayu Selatan. Pemandian ini memiliki desain bangunan yang apik dan tertutup dengan temperatur air sekitar 39° C – 42° C.

Lokasi  :Krakal, Kec. Alian, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Tiket Masuk : Rp 2.000 – Rp 4.000

Jam Buka : 07.30 – 16.00 WIB

7. Pemandian Air Panas Cipanas Buaran

Pemandian air panas Cipanas Buaran ini berada di wilayah selatan Kabupaten Brebes. Pemandian ini berjarak sejauh 70 Km dari Ibukota Kabupaten Brebes. Pemandian ini merupakan wisata yang sangat bermanfaat untuk pengobatan kulit. Sebab air panasnya berasal dari sumber mata air di bawah tanah dari aliran Gunung Slamet yang mengandung belerang

Lokasi  : Desa Pangebatan, Kecamatan Bantarkawung, Brebes.

Tiket Masuk : Rp 7.500

Jam Buka : 07.00 – 18.00 WIB

8. Pemandian Air Panas Tirtahusada

Kabupaten Brebes ternyata juga memiliki pemandian air panas lainnya yakni pemandian air panas Tirtahusada. Selain memiliki kolam air panas, di sini Anda juga bisa menikmati pemandangan hutan pinus dengan hawa sejuk yang menenangkan. Air panas di obyek wisata tersebut dipercaya mampu mengobati penyakit kulit, rematik dan beberapa penyakit lain..

Lokasi  : Desa Kedungoleng, Kecamatan Paguyangan, Brebes.

Tiket Masuk : Rp 7.000

Jam Buka : 06.30 – 19.00 WIB

9. Pemandian Air Panas Cipari

Selain wisata pantai, Cilacap juga memiliki pemandian air panas, namanya Air Panas Cipari. Di pemandian ini terdapat 3 jenis kolam mulai dari yang ukuran besar sampai kecil. Sehingga baik anak-anak atau orang dewasa bisa berendam santai di pemandian. Tak hanya itu, di pemandian air panas Cipari juga terdapat bilik sauna yang biasa dimanfaatkan untuk terapi kesehatan.

Lokasi  : Pagergunung, Cipari, Kec. Cipari, Kabupaten Cilacap

Tiket Masuk : Rp 10.000

Jam Buka : 05.30 – 17.30 WIB

10. Pemandian Air Panas Derekan

Pemandian ini lokasinya tidak jauh dari Candi Ngempon. Di pemandian air panas Derekan Anda bisa berendam melakukan relaksasi. Tak hanya itu pemandian ini juga memiliki banyak khasiat karena mengandung air belerang. Fasilitas di pemandian ini cukup memadai, apalagi kolam pria dan wanita dipisah.

Lokasi  : Jl. Desa Derekan, Derekan Timur, Pringapus Kabupaten Semarang

Tiket Masuk : Rp 3.000 – Rp 5.000

Jam Buka : 05.00 – 23.00 WIB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here