Home Nasional Kenakan Pakaian Khas Kesunanan Surakarta, Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT RI di...

Kenakan Pakaian Khas Kesunanan Surakarta, Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT RI di Istana Merdeka

24
0

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 17 Agustus 2023, berlangsung khidmat.

Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara memimpin langsung upacara tersebut dan tampak hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan didampingi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin.

Pada upacara tahun ini, Presiden mengenakan pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Surakarta, Jawa Tengah sedangkan Ibu Iriana Jokowi mengenakan busana adat Bali. Sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin memakai baju adat Sumatra Barat.

Pakaian yang dikenakan Presiden Jokowi merupakan pakaian khas Kesunanan Surakarta. Pakaian tersebut biasanya dipakai oleh para Raja Pakubuwono Hadiningrat dalam acara “Enggar Enggar soho Tedhak Loji”.

Pakaian tersebut dikenakan saat raja keluar keraton dengan menaiki kereta kuda diikuti oleh perangkat keraton untuk melihat langsung kondisi masyarakat atau kawulo.

Bertindak selaku komandan upacara pada kesempatan kali ini yaitu Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan yang saat ini menjabat sebagai Danmen Armed 2/PY/2 Kostrad.

Laporan komandan upacara dan dentuman meriam sebanyak tujuh belas kali yang menggelegar dari arah Taman Monumen Nasional dengan disertai bunyi sirene panjang menandai dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, Bambang Soesatyo, membacakan naskah proklamasi sebagai tanda bahwa Indonesia telah merdeka dari belenggu penjajahan.

Anggota Paskibraka Lilly Indriani Suparman Wenda asal Provinsi Papua Pegunungan dipercaya sebagai pembawa bendera Merah Putih untuk dikibarkan.

Anggota Paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera yakni Nathaniel Shawn Edgar Sondakh sebagai pembentang bendera, Alfin Alfarisi sebagai pengerek bendera, dan Bintang Wirasatya RA sebagai Komandan Kelompok 8.

Usai pengibaran bendera, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan persembahan lagu “Hari Merdeka” karya Husein Mutahar dan medley sejumlah lagu daerah dalam bentuk perpaduan orkestra dengan alat musik tradisional oleh Gita Bahana Nusantara.

Para prajurit TNI dan Polri juga menunjukan aksinya dengan melakukan fly pass pesawat tempur dengan berbagai formasi. Tak ketinggalan, aksi helikopter yang membawa bendera Merah Putih raksasa dan membentuk berbagai formasi turut menghiasi langit Istana.

Yang menarik, peringatan HUT RI kali ini juga menampilkan tayangan yang memperlihatkan suasana terkini di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dalam tayangan tersebut, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe menyampaikan progres pembangunan IKN.

Dalam kesempatan tersebut juga tampil penyanyi muda Indonesia yang sukses mendapatkan Golden Ticket di America Got Talent, Putri Ariani, serta sejumlah grup musik yang membuat suasana makin meriah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here