Home Nasional Resmikan Tol Cisumdawu, Jokowi Berharap Bisa Menghidupkan Bandara Kertajati

Resmikan Tol Cisumdawu, Jokowi Berharap Bisa Menghidupkan Bandara Kertajati

35
0

Dalam kunjungan kerjanya di wilayah Jawa Barat, Presiden Jokowi berkesempatan meresmikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Selasa, (11/7/2023).

Dalam sambutannya, Kepala Negara berharap jalan tol yang menghubungkan Kota Bandung dari Jalan Tol Cipularang ke Jalan Tol Cipali tersebut dapat mempermudah konektivitas menuju Bandara Internasional Kertajati, Kabupaten Majalengka.

“Kita harapkan dengan beroperasinya jalan tol ini, ini akan mempermudah konektivitas menuju ke Bandara Kertajati,” ujar Jokowi.

“Pada hari ini jalan tol Cisumdawu sudah selesai dan segera siap untuk dioperasikan. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan jalan Tol Cisumdawu,” kata Jokowi, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Pembangunan jalan tol Cisumdawu ini menghabiskan waktu 12 tahun sejak 2011. Lamanya proses pengerjaan infrastruktur jalan ini lantaran terkendala pembebasan lahan.

Tol Cisumdawu terbilang istimewa lantaran memiliki terowongan kembar sepanjang 472 meter.

“Pembangunan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 km ini menghabiskan anggaran Rp18,3 triliun. Dari pemerintah Rp9,07 triliun, sisanya dari kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) swasta,” rinci Jokowi.

Jalan tol Cisumdawu juga menjadi jalan penghubung ke Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat. Mulanya, tol ini direncanakan rampung bersamaan dengan operasional lapangan udara tersebut.

Namun masalah pembebasan lahan yang terhambat membuat pembangunan tol Cisumdawu memakan waktu lama sehingga berdampak kepada aktivitas Bandara Kertajati yang sepi.

Dengan berfungsinya jalan tol ini maka diharapkan bisa menghidupkan kembali aktivitas di Bandara Kertajati.

“Kita harapkan setelah jalan tol ini selesai, jalan tol Cisumdawu selesai, Bandara Kertajati Oktober (2023) nanti sudah operasional penuh. Sekarang sudah dimulai dengan penerbangan embarkasi haji untuk Jawa Barat dan beberapa penerbangan yang sudah masuk,” harap Jokowi.

“Saya melihat Bandara Kertajati yang didukung tol Cisumdawu adalah airport masa depan kita. Karena sekarang sudah mulai banyak keinginan negara-negara luar untuk masuk equity-nya, berpartner di Bandara Kertajati, baik mengoperasikan maupun meningkatkan traffic lalu lintas penerbangan yang ada,” tutup Jokowi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here