Home Nasional Wamen Kominfo: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Forum Selatan-Selatan untuk Tata Kelola...

Wamen Kominfo: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Forum Selatan-Selatan untuk Tata Kelola AI

13
0
Wamen Kominfo Nezar Patria saat berbicara di KTT Demokrasi di Seoul, Korea. (Foto: Kominfo)

Dalam KTT Demokrasi ke-3 Tahun 2024 di Seoul, Korea Selatan (18-20 Maret 2024), Wamen Kominfo Nezar Patria menghadiri acara yang membahas pengembangan demokrasi untuk generasi mendatang.

Dalam forum itu, Nezar Patria berbagi pengalaman Indonesia dalam merumuskan pengaturan mengenai Publisher Rights dan mengusulkan Indonesia menjadi tuan rumah Forum Selatan-Selatan untuk Tata Kelola AI.

Nezar Patria menyampaikan kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah pertama penyelenggaraan The Annual Global South Forum on Artificial Intelligence Governance atau Forum Selatan-Selatan untuk Tata Kelola AI.

“Dengan kehadiran AI yang membawa peluang sekaligus tantangan bagi negara-negara berkembang, kami mengusulkan inisiatif global yang krusial dan tepat waktu, yakni the Annual Global South Forum on AI Governance,” jelasnya.

Keberadaan Forum Selatan-Selatan untuk Tata Kelola AI memiliki arti penting untuk mengumpulkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk organisasi internasional, LSM, pemerintah, industri, akademisi, komunitas, dan pihak-pihak terkait lainnya dalam membahas Tata Kelola AI bagi negara Global Selatan (Global South).

Forum Tata Kelola AI memfasilitasi diskusi komprehensif tentang pengembangan, tantangan, dan peluang yang dihadirkan oleh AI. Selain itu juga mengembangkan hasil dan rencana aksi konkret untuk pemberdayaan Global Selatan dalam memanfaatkan kemajuan teknologi.

“Bahkan, lewat forum akan mendorong transfer pengetahuan dan teknologi terkait pengembangan AI pada negara-negara Global Selatan,” tegas Wamenkominfo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here