Home Daerah Tujuh Warga Meninggal Dunia Pascabanjir di Kabupaten Kudus

Tujuh Warga Meninggal Dunia Pascabanjir di Kabupaten Kudus

40
0
Ribuan warga mengungsi ke tempat pengungsian akibat banjir di Kudus, Jawa Tengah. (Foto: BPBD Kudus)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus melaporkan tujuh warga meninggal dunia imbas bencana banjir yang terjadi Kabupaten Kudus, Jawa Tengah sejak Kamis (14/3/2024) yang lalu.

Hal itu diungkap Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Kudus, Munaji, dirinya mengatakan total ada tujuh orang warga Kabupaten Kudus yang meninggal dunia akibat banjir yang terjadi kali ini.

“Tenggelam enam dan keseterum saat banjir satu,” kata Munaji saat dikonfirmasi melalui pesan singkat pada Senin (18/3/2024) petang.

Adapun rinciannya satu orang tenggelam dan terperosok di Persawahan Temulus, tiga orang tenggelam di Persawahan Kirig, satu orang tenggelam di dekat tanggul sungai dan satu orang terseterum listrik saat berada di sekitar tiang listrik yang tergenang banjir.

Hingga Senin (18/3/2024) sore, banjir masih menggenangi lima kecamatan yang ada di Kabupaten Kudus, antara lain Kecamatan Mejobo, Jati, Undaan, Jekulo dan Kaliwungu.

Peristiwa ini berdampak pada 39.272 jiwa, sementara 4.188 jiwa di antaranya mengungsi ke tempat pengungsian dan ke rumah kerabat yang lebih aman. Selain itu 6.523 unit rumah warga dan 2.295 hektar sawah turut terendam banjir.

BPBD Kabupaten Kudus beserta tim gabungan hingga hari ini masih melakuan evakuasi dan monitoring di lokasi terdampak, menyalurkan kebutuhan logistik bagi warga, pendampingan psikososial dan penanganan medis bagi warga yang membutuhkan.

Adapun tempat pengungsian tersebar di 25 titik, antara lain Balai Desa Gulang, Balai Desa Payaman, Balai Desa Jati Wetan, Balai Desa Kedungdowo, TPQ Khuriyatul Fikri Paslor, GKMI Tanjungkarang, Gedung DPRD, Gedung JHK Kudus, dan Pasar Saerah.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto memberikan bantuan penanganan darurat banjir sebesar Rp250 juta yang diterima langsung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kudus.

Selain itu juga diberikan dukungan logistik berupa sembako, makanan siap saji, pompa alkon, lampu solar panel, tenda pengungsi, matras, velbed, perahu karet + mesin satu unit, gergaji mesin, kasur lipat, dan mobil dapur umum satu unit.

BNPB diwakili Deputi Bidang Penanganan Darurat Mayjen TNI Fajar Setyawan, S.I.P langsung bertolak menuju Desa Jati Wetan Kabupaten Kudus guna meninjau posko pengungsian dan pelayanan dapur umum bagi warga terdampak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here