Home Edukasi Sekolah Harus Nyaman dan Aman bagi Siswa untuk Belajar, Jokowi: Guru Jadi...

Sekolah Harus Nyaman dan Aman bagi Siswa untuk Belajar, Jokowi: Guru Jadi Ujung Tombak

26
0
Buka Kongres XXIII PGRI, Presiden Joko Widodo Tegaskan Pentingnya Lingkungan Sekolah yang Aman

Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan bagi para guru terkait maraknya kasus perundungan dan kekerasan yang terjadi di lingkungan pendidikan akhir-akhir ini.

Jokowi berpesan, sekolah harus menjadi tempat yang aman bagi para siswa dan siswi untuk belajar, berkreasi hingga bersosialisasi.

Menurutnya jangan sampai ada siswa yang merasa ketakutan dan tidak betah berada di sekolah.

“Jangan sampai ada siswa yang tertekan di sekolah, tidak betah di sekolah,” ujarnya.

Kepala Negara meminta guru untuk menjadi ujung tombak pencipta lingkungan yang nyaman di sekolah.

Hal itu disampaikan Jokowi pada Pembukaan Kongres XXIII Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Tahun 2024, Jumat (1/3/2024).

“Saya menaruh harapan besar pada Bapak-Ibu guru untuk menjadi ujung tombak untuk menciptakan sekolah yang nyaman, menciptakan lingkungan sekolah yang aman bagi anak-anak kita,” kata Jokowi dikutip dari akun YouTube Sekretariat Presiden.

Selain itu, Jokowi juga meminta sekolah dan guru untuk melindungi para siswa korban perundungan atau perundungan dan fokus pada pencegahan.

Sekolah yang kedapatan terjadi kasus perundungan juga meminta Jokowi untuk tidak menutup-nutupi dan hanya mempertimbangkan untuk menjaga nama baik sekolah.

“Biasanya kasus bullying ditutup-tutupi untuk melindungi nama baik sekolah. Saya kira yang baik adalah menyelesaikan dan memperbaiki,” ungkapnya.

Presiden mengaku sangat khawatir dengan banyaknya kasus bullying, kasus kekerasan dan pelecehan yang terjadi di sekolah.

Ia pun menegaskan hal semacam itu tidak boleh terjadi lagi dan dibiarkan tetap ada di sekolah yang seharusnya menjadi tempat aman.

“Ini tidak boleh terjadi lagi, dibiarkan berlarut sekolah harus menjadi rumah aman, harus menjadi rumah yang aman bagi siswa-siswa kita,” pungkas Jokowi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here