Home Bisnis Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024 Kurs Rupiah Langsung Menguat

Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024 Kurs Rupiah Langsung Menguat

36
0
Nilai tukar rupiah langsung menguat terhadap dolar AS pada perdagangan Kamis pagi (21/3/2024).

Nilai tukar rupiah terhadap langsung ngegas menguat terhadap dolar AS pada perdagangan Kamis pagi. Hal ini, setelah adanya hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), di mana pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang pilpres.

Pada awal perdagangan, rupiah dibuka naik 55 poin atau 0,35 persen menjadi Rp15.668 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp15.723 per dolar AS.

Analis Finex Brahmantya Himawan mengatakan, rupiah menguat dipengaruh sejumlah sentimen baik dalam negeri maupun dari luar negeri atau eksternal. “Dari sisi dalam negeri, besar kaitannya dengan hasil akhir KPU yang memenangkan pasangan Prabowo-Gibran,” kata Brahmantya

Menurut dia, pasar berekspektasi Presiden dan Wakil Presiden RI yang terpilih dalam Pemilu RI 2024 akan meneruskan kebijakan pro-pertumbuhan ekonomi dan berkelanjutan dari Presiden RI Joko Widodo.

Seperti diketahui, KPU menuntaskan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional untuk 38 provinsi se-Indonesia dengan hasil pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh suara terbanyak.

Pasangan Prabowo-Gibran ini dilihat akan terus melanjutkan kebijakan pro-pertumbuhan ekonomi dan berkelanjutan dari Presiden Joko Widodo. Hal tersebut mendasari sentimen positif bagi rupiah ke depan.

Selanjutnya, pelantikan pasangan calon terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI dijadwalkan pada 20 Oktober 2024. Sementara, pada 1 Oktober 2024, diagendakan pelantikan calon terpilih anggota DPR RI dan DPD RI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here