Home Olah Raga Nathan Tjoe-A-On Resmi Jadi WNI, Siap Bela Skuad Timnas Garuda

Nathan Tjoe-A-On Resmi Jadi WNI, Siap Bela Skuad Timnas Garuda

19
0
Nathan Tjoe-A-On resmi jadi WNI. (Foto: X/Erick Thohir)

Nathan Tjoe-A-On resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Nathan melakukan pengambilan sumpah dan janji pewarganegaraan di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta, Senin (11/3/2024).

“Hari ini Nathan sudah diproses juga untuk mendapatkan paspor dan KTP sebagai WNI. Satu langkah lagi yaitu mengurus perpindahan federasi untuk Nathan bisa membela timnas Indonesia. Terima kasih atas dukungan semua lembaga yg membantu proses berjalan dengan baik,” kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Setelah menjadi WNI, pemain yang saat ini bergabung di klub SC Heerenveen tersebut berpeluang besar melakukan debut bersama Indonesia saat laga melawan Vietnam pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 babak kedua.

Pada pertemuan pertama, Indonesia terlebih dahulu menjamu Vietnam. Pertandingan tersebut digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3/2024).

Kemudian gantian skuad Garuda yang melawat ke markas Vietnam. Laga tersebut dilaksanakan di Stadion Nasional My Dình, Selasa (26/3/2024).

Pesepakbola berpostur 1,82 meter ini memiliki nama lengkap Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On. Lahir di Rotterdam Belanda, 22 Desember 2001. Nathan memiliki darah Indonesia dari sang kakek (dari pihak ibu) yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah.

Karier sepak bola Nathan bermula di tim junior VV Nieuwerkerk dan Excelsior. Setelah membawa Excelsior promosi ke Eredivisie pada 2022, Nathan melakoni debut di kasta tertinggi Liga Belanda saat Excelsior mengalahkan SC Cambuur pada 12 Agustus 2022.

Pada musim 2022/2023, Nathan bermain 29 kali di Eredivisie dan mencetak satu gol, yakni melawan FC Emmen pada 9 September 2022.

Penampilan apik Nathan bersama Excelsior membuat mantan klub Premier League, Swansea City, terpincut. Klub asal Wales yang bermain di kasta kedua Liga Inggris, Championship, itu merekut Nathan pada 13 Agustus 2023 dengan kontrak tiga tahun.

Sayang, Nathan gagal mendapat kepercayaan dari pelatih Michael Duff dan Alan Sheehan. Pelatih baru Swansea, Luke Williams, kemudian memutuskan untuk meminjamkan Nathan ke Heerenven pada 25 Januari 2024. Nathan bergabung dengan Thom Haye di Heerenveen.

Nathan Tjoe-A-On memulai karier sepak bola sebagai winger kiri. Namun, di karier profesionalnya bersama Excelsior di Eredivisie, Nathan bermain sebagai bek kiri. Nathan juga sempat bermain sebagai bek tengah.

Kehadiran Nathan di skuad Timnas Indonesia juga membuat persaingan di lini belakang semakin sengit. Sebelumnya Shin Tae Yong sudah punya Pratama Arhan dan Shayne Pattynama untuk posisi bek kiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here