Home Nasional Menkeu Sri Mulyani Tegaskan Investasi pada SDM Indonesia Sangat Penting

Menkeu Sri Mulyani Tegaskan Investasi pada SDM Indonesia Sangat Penting

30
0
Menkeu Sri Mulyani hadiri Mandiri Investment Forum 2024. (Foto: IG Sri Mulyani)

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa investasi pada sumber daya manusia di Indonesia sangat penting untuk segera dilakukan.

Selain itu investasi SDM juga harus selaras dengan perubahan, tantangan, dan peluang yang ada. Hal tersebut Menkeu sampaikan dalam acara Mandiri Investment Forum 2024 yang diselenggarakan di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

“Bagi Indonesia, investasi pada sumber daya manusia tidak hanya diperlukan, namun hal ini menjadi semakin mendesak. Kesehatan, pendidikan, jaminan sosial, dan bagaimana kita akan menyediakan pembangunan infrastruktur, termasuk layanan dasar sangatlah penting,” kata Menkeu.

Sri Mulyani menjelaskan APBN memainkan peran yang sangat penting dalam mengarahkan dan membentuk kebijakan, terutama terkait dengan pembangunan berkelanjutan.

“Kebijakan fiskal harus kredibel dan sehat, juga harus responsif. Kesehatan dan kredibilitas kebijakan fiskal merupakan syarat yang diperlukan agar Indonesia dapat menggunakan alat fiskal untuk mengatasi berbagai permasalahan struktural yang sangat sulit dan mendasar di Indonesia, termasuk dalam hal ini perubahan iklim dan sumber daya manusia,” ujarnya.

Menurut Menkeu, Indonesia harus memastikan bahwa seluruh instrumen fiskal, baik dari sisi pendapatan, belanja, dan pembiayaan mampu menciptakan stabilitas alokasi dan distribusi.

“Salah satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah menciptakan pemerataan layanan, khususnya bagi setiap anak agar dapat terus menikmati kualitas layanan dasar yang sama,” jelasnya.

“Jadi, setiap bayi dan anak yang tinggal di wilayah Indonesia mana pun berhak mendapatkan layanan yang lebih berkualitas, termasuk infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Ini adalah salah satu tantangan paling penting dalam perangkat fiskal kita,” kata Menkeu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here