Home Nasional Hadapi Arus Mudik Polri Siapkan 5.784 Pos Pengamanan Didukung Satgas Urai Kemacetan

Hadapi Arus Mudik Polri Siapkan 5.784 Pos Pengamanan Didukung Satgas Urai Kemacetan

30
0
Kapolri Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Humas Polri)

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyiapkan 5.784 pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu untuk mengamankan arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

“Kurang lebih 5.784 pos yang akan disiapkan untuk memberi pelayanan, baik di jalan tol, rest area, arteri, dan jalur wisata,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Jakarta Selatan, (25/3/2024).

Sigit mengatakan dalam Operasi Ketupat tahun ini, 155.165 personel gabungan dikerahkan. Berdasarkan data, diprediksi terjadi peningkatan pemudik sebesar 56 persen dibandingkan tahun 2023.

“Untuk mudik kali ini, kami persiapkan strategi rekayasa lalu lintas, termasuk survei di jalur dari Banten dan Jatim untuk mengetahui titik mana yang harus diperbaiki,” ujarnya.

Sigit menjelaskan dalam rapat tersebut, juga dibahas soal buffer zone, khususnya di wilayah penyeberangan Merak, untuk mengantisipasi kepadatan.

“Masyarakat mungkin harus menunggu beberapa jam untuk masuk Merak. Buffer zone menjadi evaluasi kami, baik di Merak, Ketapang-Gilimanuk, dan sebaliknya,” katanya.

Sementara itu, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiagakan Satuan Tugas (Satgas) Urai Kemacetan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan saat arus mudik dan balik Lebaran 2024.

“Satgas ini dibentuk untuk memaksimalkan kelancaran dan keselamatan pemudik,” ujar Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan.

Sebanyak 500 kendaraan roda dua didistribusikan kepada sub satgas untuk membantu mengurai kemacetan di titik-titik rawan.

Pembentukan satgas ini didasari oleh potensi tingginya volume kendaraan dan perkiraan 193,6 juta pemudik pada tahun ini.

“Jalur darat masih menjadi primadona bagi para pemudik, sehingga strategi khusus perlu diterapkan untuk melayani mereka,” jelas Aan.

Satgas Urai Kemacetan akan berfokus pada penyelesaian permasalahan di “trouble spot” yang sering mengakibatkan kemacetan, seperti pengemudi yang berhenti di bahu jalan atau gangguan lainnya.

Tim ini akan disebar di setiap Polda mulai dari Banten hingga Jawa Timur, dan akan berpatroli sesuai jam rawan macet.

“Tim juga akan bergerak cepat untuk mengurai kemacetan di titik-titik yang dilaporkan melalui Command Center,” kata Aan.

Diharapkan dengan kesigapan Satgas Urai Kemacetan, arus mudik dan balik Lebaran 2024 dapat berjalan lancar dan aman bagi seluruh pemudik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here