Home Bisnis Gibran Optimis Hilirisasi yang Dikerjakan Inggris Dapat Diterapkan di RI

Gibran Optimis Hilirisasi yang Dikerjakan Inggris Dapat Diterapkan di RI

24
0
Walikota Solo, Jawa Tengah Gibran Rakabuming Raka yakin hilirisasi yang dikerjakandi Inggris dapat diterapkan di Indonesia.

Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka, optimistis industri hilirisasi yang dilakukan di negara Inggris bisa diterapkan di Indonesia. Hal itu mengingat semua bahan untuk industri tersebut terdapat di dalam negeri.

“Mampu, barangnya semua ada di Indonesia,” katanya di Solo, Rabu (13/3/2024).

Terkait hal itu, belum lama ini ia mengunjungi salah satu perusahaan teknologi Alloyed Ltd, milik orang Indonesia yang tinggal di Inggris. Perusahaan tersebut membuat komponen untuk Formula 1 dan rumah sakit.

“Ini salah satu contoh hilirisasi. Selama ini belum ada sentuhan dari Indonesia. Kami ingin intervensi,” katanya.

Menurutnya, Indonesia dapat menerapkan industri hilirisasi mengingat banyak bahan baku yang tersedia di dalam negeri. “Kalau komponennya kita ada semua,” ujar dia.

Sementara itu, pihaknya juga belum dapat memastikan apakah bakal ada kerja sama yang dapat dijalin antara Kota Surakarta dengan perusahaan yang berasa di Oxford, Inggris. “Nanti, saya baru pertama kali ke sana. Baru lihat pabriknya, baru lihat produknya,” tutur dia.

Sebelumnya, Gibran menuturkan, kunjungan tersebut terkait erat dengan upaya pengembangan ekonomi berbasis inovasi.

Di sektor tersebut, salah satu prioritas Kota Surakarta yang diimplementasikan melalui Solo Technopark adalah kawasan inovasi yang berdaya saing internasional.

“Indonesia perlu membangun ekosistem komersialisasi riset dan ekonomi berbasis inovasi digital,” ujar Gibran.

Gibran menuturkan, hal itu perlu dimulai dari daerah dengan sinergi berbagai pihak, seperti industri, universitas, modal ventura, bisnis, dan pemerintah pusat. “Dalam hal ini, Solo Technopark telah merintis ke arah sana,” ujar dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here